Warnai SMANGGI dengan Cak Semar (Cakrawala SMANGGI Arts), Sebuah Inovasi

Admin JSN
23 Desember 2023 | 14.25 WIB Last Updated 2023-12-23T07:25:50Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Pada akhir semester ganjil 2023-2024 Kepala SMAN 1 Gondanglegi melalui OSIS SMAN 1 Gondanglegi mengadakan lomba mural menghiasi tembok sepanjang jalan masuk sekolah. Tembok yang selama ini kosong kini terisi mural yang sangat memukau mata. Lebih kurang 150 meter tembok yang membentang kini dapat menyejukkan setiap mata yang memandang. Lomba mural yang dimulai pada 13 Desember 2023 tersebut rampung pada Senin, 18 Desember 2023. Lomba tersebut diikuti oleh 28 kelas. Pada lomba mural ini, Kepala SMAN 1 Gondanglegi, Ernawati, S.Pd. turut mengambil peran dalam memberi inovasi yang luar biasa. Mural yang dibuat oleh siswa harus memuat unsur budaya asli Malangan, yaitu topeng Malang dan unsur alam, karena SMAN 1 Gondanglegi merupakan sekolah dengan penghargaan Adiwiyata Nasional sejak 2013 lalu. Melalui kedua hal tersebut, Bu Erna, sapaan akrab beliau ingin memadukan 2 hal yang sangat unik dan belum pernah dilaksanakan sebelumnya. 

Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta terlihat sangat antusias. Saat ditemui tim, salah satu perwakilan siswa dalam kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan karena belum pernah dilaksanakan dan dapat mengekspresikan bakat siswa dalam seni melukis. “Kami sangat senang karena ini yang pertama di SMANGGI dan kami dapat berkreasi.” Ujar Arum yang merupakan siswa kelas XI-8. Pada mural yang dibuat siswa, terdapat berbagai macam tema dan judul yang telah disepakati sebelumnya. Seperti mural yang dibuat siswa kelas XI-8 dengan judul mural Punakawan yang merupakan salah satu tokoh pewayangan. Punakawan berasal dari kata pana yang memiliki arti cerdik, jelas, terang, dan cermat dalam pengamatan, serta kawan yang memiliki arti teman atau sahabat. 

Selain dapat mengekspresikan bakat siswa, kegiatan tersebut juga mampu menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai sesama teman. Hal tersebut juga mampu menumbuhkan kekompakan sesame anggota kelas dan toleransi dengan anggota kelas lainnya. Selain keindahan, kegiatan ini sangat beranfaat dalam perilaku kemanusiaan siswa maupun guru, dan seluruh warga SMANGGI. Pemenang lomba mural ini akan dibagikan saat tasyakuran peringatan HUT SMANGGI Ke-37 pada 22 Desember 2023. Semoga setelah kegiatan ini berakhir, tetap mampu membawa manfaat untuk seluruh warga SMANGGI.

Begitu juga kelas lain dengan judul karya yang berbeda pula, dengan rincian seperti berikut. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warnai SMANGGI dengan Cak Semar (Cakrawala SMANGGI Arts), Sebuah Inovasi

Trending Now