Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Pabrik pada PT Petrokimia Gresik Melibatkan Warga Sekitar dan Mahasiswa Magang

Admin JSN
29 Desember 2023 | 13.30 WIB Last Updated 2023-12-29T06:45:13Z

 

Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Pabrik pada PT Petrokimia Gresik melibatkan warga sekitar dan Mahasiswa Magang

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: PT Petrokimia (PG) Gresik selalu mengutamakan keselamatan (safety) dalam menjalankan proses bisnisnya, sehingga komitmen untuk mengawal ketersediaan pupuk demi mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional dapat dilaksanakan dengan baik, 16 November 2023.


Sebagai anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bertekad untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi produsen pupuk dan bahan kimia sebagai solusi untuk agroindustri, PG harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan terhadap kondisi darurat pabrik. Simulasi PKDP ini rutin dilaksanakan secara periodik, untuk PKDP Tingkat 2 (dua) dilaksanakan dalam 2 (dua) tahun sekali.

Pada hari Kamis (16/11/2023) lalu, PG melaksanakan simulasi PKDP Tingkat II dengan scenario terjadinya ledakan pada tangki amonia di wilayah pabrik II yang diakibatkan oleh sambaran petir.Kegiatan ini diikuti oleh pihak internal maupun eksternal dan mahasiswa KKN Non-Tematik UPN “Veteran” Jawa Timur Program studi Teknik Kimia yang mengikuti magang MSIB di PT Petrokimia Gresik. 

Keikutsertaan peserta magang ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa magang terkait implementasi SMK3, requirement Responsible Care Code, dan persyaratan Sistem Manajemen Pengamanan (SMP). Selain itu, Mahasiswa magang berkontribusi dalam penyusunan skenario kejadian dalam simulasi PKDP Tingkat II dan ikut serta langsung dalam simulasi ERP Tingkat II. 


https://lppm.upnjatim.ac.id/


Kontributor: 


Berliana Ayu E.C.D., Dimas Agus A, Yovita Sekarlita


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Pabrik pada PT Petrokimia Gresik Melibatkan Warga Sekitar dan Mahasiswa Magang

Trending Now