Psikoedukasi: Sosialisasi Bahaya Narkoba Terhadap Psikologis Remaja kepada Siswa SMKN 1 Boyolangu Tulungagung

Eko Rudianto
10 Desember 2023 | 20.46 WIB Last Updated 2023-12-10T13:48:49Z


TULUNGAGUNG | JATIMSATUNEWS.COM : Penyalahgunaan narkoba saat ini sangat marak dilakukan oleh para remaja yang baru menginjak masa dewasa awal. Menurut data dari BNN RI terdapat peningkatan jumlah penyalahgunaan dari tahun 2021 ke tahun 2022. Dilansir dari perhitungan data oleh Badan Narkotika Nasional terdapat 24-28% pengguna narkoba dari kalangan anak-anak dan remaja.

Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, dipicu berbagai hal. Beberapa diantara alasan banyaknya remaja yang terjerat dalam narkoba adalah ketidaktahuan bahaya dari narkoba itu sendiri. Salah satu bahaya yang paling sering diabaikan adalah bahaya terhadap psikologis bagi pengguna narkoba.

Dikuti dari BNN Provinsi Jambi, bahaya narkoba bagi psikologis adalah terganggunya kesehatan mental, depresi, gangguan kejiwaan, dan perasaan cemas serta khawatir yang berlebih. Dampak-dampak tersebut dirasakan oleh pengguna narkoba baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, yang tentu akibatnya akan merusak masa depan remaja yang terjerumus di dalamnya.

Rentannya penggunaan penyalahgunaan narkoba kepada remaja haruslah ditindak lanjuti dengan serius. Remaja yang merupakan generasi penerus bangsa, harus dipastikan bebas dari narkoba. Dalam upaya mengkampanyekan gerakan anti narkoba di kalangan remaja, maka diadakannya Psikoedukasi berupa sosialisasi bahaya narkoba terhadap psikologis remaja kepada siswa SMKN 1 Boyolangu Tulungagung.

Sosialisasi ini dihadari oleh tujuh orang siswa sebagai perwakilan dari SMKN 2 Boyolangu Tulungagung. Materi dalam sosialisasi ini dibawakan oleh Mahasiswa UM sebagai bentuk implenmentasi ilmu magang yang didapatkan di BNNK Tulungagung. Pemberian sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi jembatan penyebaran kampanye anti narkoba dan menyebarnya pengetahuan terkait bahaya narkoba terhadap perkembangan psikologis remaja.






Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Psikoedukasi: Sosialisasi Bahaya Narkoba Terhadap Psikologis Remaja kepada Siswa SMKN 1 Boyolangu Tulungagung

Trending Now