Peran Aktif Mahasiswa dalam Optimalisasi Sumber Daya Lokal untuk Pengembangan Kelompok Tani Barokah di Pondok Benowo Indah

Admin JSN
14 Desember 2023 | 14.49 WIB Last Updated 2023-12-14T07:59:56Z

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi dalam hal pengabdian masyarakat, Kegiatan KKN ini dilaksanakan di Kota Surabaya. Melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa dituntut untuk dapat terjun langsung berinteraksi, membantu dan mengembangkan lingkungan desa. Pada kesempatan ini mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang tergabung dalam kelompok 9 melaksanakan KKN tepatnya di kawasan Pondok Benowo Indah, Kota Surabaya.

Pondok Benowo Indah memiliki suatu komunitas Kelompok Tani yang bernama PokTan Barokah. “Awal mula PokTan Barokah ini terbentuk bermula dari kegemaran Abah Komar selaku ketua RT yang gemar bercocok tanam. Selain itu di daerah kami ini memiliki lapangan yang cukup luas dan juga terdapat Balai yang kurang terawat. Dari situlah muncul ide untuk membangun PokTan ini. PokTan Barokah dimulai sekitar pertengahan Januari 2023, dengan memberdayakan ibu-ibu untuk mengoptimalkan lapangan dan balai itu” ujar Ibu Fia selaku Ketua Kelompok Tani Barokah.

Pada hari Minggu (12/11/2023) kelompok 9 yang dibimbing oleh Ibu Ibu Mega Cattleya P. A. I, S.ST., M.T.  ikut andil dalam mengembangkan PokTan Barokah. Kegiatan yang dilakukan begitu beragam, mulai dengan pembersihan lahan untuk membuat plot tanaman, memindah tanaman pada plot yang telah dibersihkan, menanam benih di polybag, menanam hidroponik, hingga menanam tanaman bersusun untuk mempercantik lingkungan Pondok Benowo Indah khususnya RT. 02 RW.14.

Selain melakukan penanaman, mahasiswa UPN “Veteran: Jawa Timur juga membantu dalam proses pembuatan pupuk kompos. Pembuatan pupuk ini dibuat dari sisa-sisa makanan organik dari warga lokal yang telah dibuang. Selain digunakan untuk merawat tanaman yang sedang dibudidaya, pupuk yang sudah jadi juga diperjual belikan ke warga-warga di Pondok Benowo Indah. Tak hanya pupuk, hasil tanaman yang berhasil dipanen juga dijual ke warga sekitar.  

Dengan adanya kontribusi dari mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur ini diharapkan dapat meningkatkan antusias warga sekitar untuk membantu mendukung PokTan Barokah dalam mengelola lingkungan RT. 02 RW. 14. Serta warga sekitar dapat lebih peduli untuk menjaga kebersihan serta keasrian lingkungan Pondok Benowo Indah.


https://www.upnjatim.ac.id/

https://lppm.upnjatim.ac.id/

https://tekindustri.upnjatim.ac.id/

https://ft.upnjatim.ac.id/


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Aktif Mahasiswa dalam Optimalisasi Sumber Daya Lokal untuk Pengembangan Kelompok Tani Barokah di Pondok Benowo Indah

Trending Now