Pantau Tumbuh Kembang Balita di Posyandu Tunas Bangsa 1 Pondok Benowo Indah bersama Mahasiswa KKN UPN “Veteran” Jawa Timur

Admin JSN
14 Desember 2023 | 14.41 WIB Last Updated 2023-12-14T08:56:56Z

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Pondok Benowo Indah, sebuah lingkungan perumahan yang berlokasi di Jawa Timur, dimana didalamnya terdapat sebuah kolaborasi bermanfaat antara Posyandu Tunas Bangsa 1 dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur yang bertujuan untuk memantau tumbuh kembang balita, memberikan pendidikan kesehatan kepada orangtua, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak di wilayah tersebut. 

Posyandu, singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu, adalah pusat pelayanan kesehatan masyarakat di Indonesia. Posyandu Tunas Bangsa 1 yang berada di Pondok Benowo Indah menjadi tempat yang strategis untuk mencapai tujuan kelompok 9. Berlokasi di tengah-tengah masyarakat, Posyandu ini menjadi pusat informasi kesehatan dan pertumbuhan bagi anak-anak. Posyandu Tunas Bangsa 1 bukan hanya tempat imunisasi dan penimbangan berat badan balita saja, tetapi juga pusat informasi kesehatan bagi ibu dan anak. Melalui program ini, masyarakat sekitar terutama ibu-ibu dapat mengakses informasi dan layanan kesehatan bagi anak-anak mereka dengan mudah. 

Pada hari Sabtu (18/11/2023), Mahasiswa KKN UPN "Veteran" Jawa Timur khususnya kelompok 9 yang dibimbing oleh Ibu Mega Cattleya P. A. I, S.ST., M.T.  memilih untuk terlibat langsung dengan Posyandu Tunas Bangsa 1 yang bertempat di Pondok Benowo Indah. Salah satu fokus utama kegiatan KKN ini adalah memantau tumbuh kembang balita di Posyandu Tunas Bangsa 1. Mahasiswa bekerja sama dengan kader posyandu setempat untuk melakukan pemantauan rutin terhadap balita di Pondok Benowo Indah ini. Kegiatan yang dilakukan yaitu penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan lengan, pendataan kehadiran dan evaluasi perkembangan fisik serta mental balita. 

Selain memantau tumbuh kembang balita, mahasiswa KKN juga memperhatikan penjelasan dari kader posyandu mengenai pendidikan kesehatan balita kepada orangtua. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang lebih baik kepada orangtua tentang cara merawat anak dengan baik, mulai dari pola makan yang sehat hingga bagaimana menerapkan kebersihan dengan benar. 

Dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa KKN tidak hanya mendapatkan pengalaman langsung di lapangan tetapi juga memberikan kontribusi positif yang nyata kepada masyarakat. Kerja sama antara mahasiswa KKN dan masyarakat lokal menjadi kegiatan bermanfaat sebagai upaya bersama untuk menciptakan perubahan positif dan meningkatkan kualitas hidup bagi generasi mendatang.

https://www.upnjatim.ac.id/

https://lppm.upnjatim.ac.id/

https://tekindustri.upnjatim.ac.id/

https://ft.upnjatim.ac.id/


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pantau Tumbuh Kembang Balita di Posyandu Tunas Bangsa 1 Pondok Benowo Indah bersama Mahasiswa KKN UPN “Veteran” Jawa Timur

Trending Now