MOTIVASI KERJA : PERAN IKLIM ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI PERUSAHAAN LOGISTIK DI GRESIK

Eko Rudianto
21 Desember 2023 | 20.53 WIB Last Updated 2023-12-21T14:03:31Z

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM : Bagi perusahaan besar sudah selayaknya memiliki human resource development (HRD) yang bisa mengatur perusahaannya sehingga dapat terus berkembang utamanya bagi Sumber Daya Manusianya. Salah satunya mengenai motivasi kerja keryawan, motivasi kerja karyawan dalam bekerja tidak selalu dalam keadaan stabil, sering kali motivasi kerja karyawan mengalami penurunan dan juga dapat meningkat. Hal ini dapat terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhinya. 

Kalau dilihat Kondisi perusahaan di Indonesia pasca pandemi Covid-19 telah mengalami perubahan lingkungan kerja. Namun, hingga covid-19 sudah mereda banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem kerja secra online dan juga menggabungkan dengan sistem kerja offline yang mengharuskan karyawan untuk kembali menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru.

Kita semua perlu tahu bahwa pertama, Teori ERG Alderfer, yang menjelaskan bahwa motivasi kerja yang berfokus pada keadaan subjektif dari kepuasan dan keinginan karyawan. Terdiri dari 3 aspek. Kedua, Iklim Organisasi: Lussier, merupakan kualitas lingkungan organsiasi yang dirasakan oleh kerayawan yang bersifat menetap dan bertahan lama. Terdiri dari 7 dimensi. Ketiga, Komitmen Organisasi: Mowday  & Streers, ikatan psikologis karyawan untuk mempertahankan dirinya di organisasi. Terdiri dari 3 aspek.

Banyak yang juga telah meneliti dan berbicara mengenai hal ini, salahsatunya adalah Hariani ditahun 2019, dia mengarakan bahwa Sumber daya manusia yang mahir dan professional dapat berkembang menjadi lebih baik jika didukung dengan iklim organisasi, komitmen organisasi dan juga motivasi kerja yang tinggi. Selanjutnya dia juga berpendapat bahwa Motivasi kerja yang tinggi akan mendorong karyawan untuk bekerja lebih giat yang akan berdampak pada tercapainya tujuan dari organisasi tersebut. 

Menurut Berberoglu (2018) iklim organisasi mampu mempengaruhi motivasi kerja karyawan sehingga dapat menghasilkan kinerja yang baik. Seorang karyawan yang memiliki komitmen organisasi tinggi secara positif akan berdampak pada keinginan karyawan untuk memberikan kinerja yang baik. (Ariani dkk, 2020).

Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa komitmen organisasi setidaknya secara 36% mempengaruhi motivasi kerja pada karyawan (Bytyqi, 2020).

Namun Masih belum terdapat penelitian yang menggabungkan ketiga varibael dalam satu penelitian dan dengan subjek karyawan yang telah mengalami pasca pandemi covid-19. Untuk itu kita perlu melakukan penelitian ini lebih lanjut.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak yang diberikan oleh iklim organisasi, komitmen organisasi terhadap motivasi kerja karyawan pasca Pandemi Covid-19 pada PT Semen Indonesia Logistik, Gresik. Motivasi kerja suatu hal penggerak dari dalam diri seorang karyawan untuk dapat menjalankan dan memberikan kemampuannya dalam mengerjakan setiap tugas untuk mencapai sasaran Perusahaan (Nurudin, 2017).  Kualitas lingkungan organisasi yang dirasakan oleh karyawan pada suatu perusahaan yang bersifat menetap dan bertahan lama (Lussier,2017).

Komitmen organisasi merupakan bentuk gambaran keadaan psikologis yang dapat memberikan gambaran hubungan karyawan dengan organisasi sebagai tempat bekerja. (Mowday &Streers, 1979).

Agar penenlitian terukur dan terarah maka diperlukan metode yang cocok, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif Korelasional.

Menutut Sugioyono, pada tahun 2012 penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan melihat hubungan sebab akibat dari varibael yang dipilih dan menghasilakn varibale independen dan varibael depentent.

Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT Semen Indonesia Logistik, dengan metode insidental sample yaitu seluruh karyawan yang telah mendapatkan kuesioner dan bersedia meluangkan waktu 5-10 menit untuk mengisi gfrom.

Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui g-form. Kuesioner disebarkan kepada seluruh karyawan baik karyawan pusat dan anak perusahanan dari PT Semen Indonesia Logistik.

Dalam melakukan validitas dan reliabilitas aitem setiap variabel dilakukan dengan analisis faktor dan CFA Amos. Teknik analisis yang digunakan yaitu metode parth analisis dengan menggunakan aplikasi SPSS.

Peneliti : Lastika Febriyanti Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MOTIVASI KERJA : PERAN IKLIM ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI PERUSAHAAN LOGISTIK DI GRESIK

Trending Now