Mengintip Pembelajaran Berbasis Life Skill PKBM Supriyadi Bersama Mahasiswa PLS Angkatan 2021

Eko Rudianto
17 Desember 2023 | 22.48 WIB Last Updated 2023-12-26T16:36:22Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Pada tanggal 28 November 2023, Mahasiswa S1 Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang diperkenankan mengunjungi PKBM Supriyadi dan menilik pembelajarannya secara langsung. PKBM Supriyadi beralamat di JL. S. Supriadi IX/42 A, Sukun, Kec. Sukun, Kota Malang Prov. Jawa Timur. Pembelajaran berbasis life skill diterapkan PKBM Supriyadi sebagai upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal non-akademik. PKBM Supriyadi memiliki beberapa kelas pembelajaran life skill lain seperti memasak, reparasi perabotan rumah tangga, teknik elektronika dan komputer, serta fotografi.

Mahasiswa PLS bersama PKBM Supriyadi melaksanakan pembelajaran praktik memasak Lava Cake yang dipandu oleh bu Marta sebagai tutor. Kegiatan ini selain untuk memenuhi tugas mata kuliah simulasi pembelajaran, juga untuk meningkatkan relasi dan hubungan antara PKBM Supriyadi dengan Universitas Negeri Malang dan juga dengan Departemen Pendidikan Luar Sekolah.

Lava Cake merupakan salah satu kue yang digemari oleh banyak kalangan, baik dari kalangan atas maupun bawah, dengan teksturnya lembut dan lumer serta rasa yang legit manis menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Bahan-bahan yang digunakan pun tergolong murah dan mudah untuk dicari. Metode memasak yang digunakan juga mudah untuk dilakukan oleh pemula, hanya perlu untuk mencampur bahan-bahan menjadi satu. Untuk alat memasak yang digunakan juga merupakan alat yang mudah dicari dan pastinya ada di setiap rumah. Pembelajaran ini berlangsung selama dua jam dengan beberapa tahapan. Awalnya peserta didik akan diberikan pengantar, kemudian dilanjutkan dengan praktik, pembekalan, dan penugasan. Pembelajaran ini diikuti oleh lebih dari 10 peserta didik.

Pak Donny selaku kepala sekolah mengemukakan bahwa pembelajaran life skill seperti memasak ini lebih banyak digemari karena peserta didik merasa lebih antusias daripada pembelajaran di dalam kelas.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta didik dapat menambah wawasan dan skill tentang alat dan bahan yang digunakan untuk membuat lava cake, dapat menentukan harga jual dari bahan-bahan dan kemasan yang digunakan, serta dapat menjadi inspirasi untuk menjual produk yang berkualitas.

Kelompok Simulasi Pembelajaran: DechaFistradaPutra /210141601277

Gabriella Nataline Lailatul Fitria Rahma Cahya

/210141601244 /210141601238 /210141601271

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengintip Pembelajaran Berbasis Life Skill PKBM Supriyadi Bersama Mahasiswa PLS Angkatan 2021

Trending Now