Kunjungan UMKM Jamu “Alenk Jaya” Desa Galengdowo Jombang, Bercerita Mengenai Produksi Jamu Nih!

Admin JSN
03 Desember 2023 | 15.05 WIB Last Updated 2023-12-03T08:19:16Z

Kunjungan UMKM Jamu “Alenk Jaya” Desa Galengdowo, Jombang. Bercerita Mengenai Produksi Jamu Nih! 

(Kelompok 9 Bina Desa Batch II Galengdowo)

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Desa  Galengdowo  merupakan  sebuah  desa  yang  terletak  di  Kecamatan  Wonosalam, Kabupaten Jombang. Desa Galengdowo berjarak ± 11 km dari pusat pemerintahan kabupaten Wonosalam.  Tercatat pada tahun 2022, jumlah penduduk Desa Galengdowo akan meningkat menjadi  3.869  jiwa  dengan  perbandingan 1:1  yaitu jenis kelamin laki-laki  dan  perempuan (Kominfo Kabupaten Jombang,  2022). Warga desa Galengdowo banyak yang bekerja sebagai petani dan pedagang UMKM. Penghasilan terbesar mereka pada hasil bumi desa yang warga olah menjadi produk olahan. 

Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Kelompok 9 Binadesa di Desa Galengdowo Kabupaten Jombang yang terdiri dari delapan mahasiswa yaitu Ade Naufal, Zulkaisi, Prasdinata, Hawa Aritma, Fifit Susilawati, Arni Mashita, Evrina Cahya, dan Annisa Kurnia, berkesempatan mengunjungi salah satu UMKM Jamu “Alenk Jaya” yang terletak di Desa Galengdowo tempat mereka  berkegiatan Kampus Merdeka Binadesa untuk menjalin silaturahmi serta mengetahui proses pembuatan dari jamu siap saji. 

Jamu atau djamoe merupakan singkatan dari djampi dan oesodo. Djampi berarti penyembuhan dengan ramuan obat-obatan atau doa dan ajian sedangkan oesodo berarti kesehatan. Jadi, jamu dapat diartikan ramuan obat untuk kesehatan. Mengkonsumsi jamu sangat baik karena dapat meningkatkan imunitas tubuh, akan tetapi jamu juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena konsumsi jamu secara berlebihan dapat memiliki efek samping pada kesehatan. Dalam jangka pendek, hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare dan muntah. Dalam jangka menengah, konsumsi berlebihan dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dosis konsumsi jamu. 

UMKM Alenk Jaya merupakan bentuk usaha yang berfokus pada produksi minuman herbal tradisional berupa jamu herbal. Terdapat dua jenis jamu yang diproduksi yaitu Jamu cair dan Jamu Bubuk. UMKM ini dikepalai oleh seorang Ibu rumah tangga yang bernama Ibu Rinda. 


Ibu Rinda Ibu rinda mempekerjakan 3 orang karyawan yang diambil dari keluarga beliau di Desa Galengdowo. Alenk Jaya memproduksi jamu secara mandiri di rumah, produk ini termasuk dalam produk rumahan, jamu yang dijual Alenk Jaya adalah jamu yang siap minum tetapi ada juga jamu dalam bentuk bubuk yang lebih tahan lama. Alenk Jaya menjual berbagai jenis jamu diantaranya yaitu kunyit asem tersedia dalam sedian cair (botolan) dan serbuk, beras kencur tersedia dalam sedian cair (botolan) dan serbuk, temulawak tersedia dalam sedian cair (botolan) dan serbuk, macan kerah tersedia hanya dalam bentuk cair (botolan), dan kunir. Demikian ulasan, mengenai kunjungan mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur pada salah satu UMKM yang terdapat di Desa Galengdowo. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungan UMKM Jamu “Alenk Jaya” Desa Galengdowo Jombang, Bercerita Mengenai Produksi Jamu Nih!

Trending Now