Program MBKM Bina Desa Luncurkan Kopi Goes Snack, Masyarakat Antusias Ikut Serta”

Admin JSN
29 November 2023 | 18.52 WIB Last Updated 2023-11-29T11:53:09Z


Program MBKM Bina Desa Luncurkan Kopi Goes Snack, Masyarakat Antusias Ikut Serta

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Dalam rangka mengembangkan ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat desa, Program Bina Desa di Desa Kalipucang, Kabupaten Pasuruan, meluncurkan kegiatan produksi keripik kopi sebagai bagian dari program kerja mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, dan mempromosikan produk unggulan desa.

Program Bina Desa  ini memberikan sosialisasi dengan cara demonstrasi dalam pembuatan keripik kopi. Program ini tidak hanya fokus pada aspek ekonomi, tetapi juga memberikan pelatihan kepada warga desa terkait proses produksi keripik kopi yang berkualitas. Masyarakat desa sangat antusias mengikuti sosialisasi dan terlibat aktif dalam proses demostrasi pembuatan keripik kopi.

Bapak Dodi, sekretaris Desa Kalipucang, mengungkapkan,”Saya iseng memfoto lalu menaruh  di story whatsapp produk keripik kopinya. Ternyata banyak yang berminat dengan bertanya dijual berapa itu Pak. Selama ini belom ada dan belom kepikiran kopi dijadikan keripik, ya cuma sebatas untuk dijadikan bubuk lalu diseduh.”. Ungkapan tersebut disampaikan beliau ketika selesai mengikuti sosialisasi program kerja Bina Desa.

Selain memberikan alternatif pengolahan kopi bagi petani, program ini juga diharapkan dapat menarik wisatawan dan konsumen kopi dari luar daerah untuk mengenal dan menikmati produk unggulan Desa Kalipucang. Sebelum adanya sosialisasi, mahasiswa Bina Desa juga telah melakukan trial and error agar didapatkan resep yang cocok untuk keripik kopi ini. Selain itu, telah dilakukan bimbingan atas kritik dan saran dari produsen kopi mengenai rasa, tekstur serta tingkat kerenyahan keripik sehingga nantinya mampu menghasilkan keripik kopi dari Desa Kalipucang yang dapat memenuhi standar kualitas yang tinggi.

Program Bina Desa ini adalah langkah positif menuju pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Pemanfaatan potensi lokal seperti kopi dapat meraih kemajuan desa yang nyata.Melalui produksi keripik kopi, Desa Kalipucang berharap dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan citra dan potensi pariwisata di wilayah tersebut. Program Bina Desa ini menjadi bukti komitmen pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat dan menciptakan pembangunan yang berkelanjutan.

5 Oktober 2023 – 5 November 2023

MBKM Bina Desa Program Studi Teknik Kimia

Desa Kalipucang, Kabupaten Pasuruan


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program MBKM Bina Desa Luncurkan Kopi Goes Snack, Masyarakat Antusias Ikut Serta”

Trending Now