Luar Biasa! Lagi-lagi Kepala SMAN 1 Turen Eny Retno Diwati Raih Prestasi, Juara 3 GCC Provinsi

Admin JSN
30 November 2023 | 06.55 WIB Last Updated 2023-11-30T20:48:38Z

 


Luar Biasa! Lagi-lagi Kepala SMAN 1 Turen Eny Retno Diwati Raih Prestasi, Juara 3 GCC Provinsi

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Sempat menorehkan berbagai prestasi sebagai kepala sekolah,  antara lain peraih UKBI nasional dan inovasi kepala sekolah kali ini Eny Retno Diwati lagi lagi meraih prestasi. Yakni sebagai juara 3 GCC tingkat provinsi Jatim. 

GCC Creative Camp diselenggarakan setiap tahun oleh Kabid GTK Dinas Provinsi Jawa Timur. Tahun ini, Kabid GTK Dinas Provinsi Jawa Timur, kembali mengadakan GCC Batch 4. GCC diikuti oleh kepala sekolah, pengawas, dan guru. Terdapat 9 bidang lomba, beberapa diantaranya adalah lomba inovasi kepala sekolah, inovasi pengawas, dan untuk guru ada berbagai macam, seperti modul ajar, film pendek, dan masih banyak lagi.


Untuk mengikuti GCC terdapat proses yang panjang. Awalnya calon peserta melakukan pendaftaran melalui akun GCC, kemudian dilanjutkan dengan berbagai tahapan diantaranya adalah upload karya berupa video, workshop online, penulisan artikel, serta unggah surat pernyataan dan dukungan kepada cabang dinas. Setelah itu, peserta mengunggah video lagi praktek baik yang sudah dilakukan mulai dari awal hingga akhir, dan dilanjutkan penilaian oleh juri untuk memilih 5 nominasi dari masing-masing bidang. Selanjutnya, 5 nominasi dipanggil ke Hotel Elmi selama 3 hari untuk presentasi dan wawancara didepan 3 juri, dan dilanjutkan penilaian untuk menentukan 3 besar.


Kemudian 3 besar dari masing-masing bidang lomba melaksanakan berbagai kegiatan mulai hari Senin(27/11/2023) hingga Rabu(29/11/2023) di Hotel Haris Surabaya. Pada hari pertama, top 3 dari masing-masing) lomba wajib membuka stand pameran dengan ukuran 2×3 dan diisi oleh 3 orang. Stand pameran dikunjungi oleh gubernur, kepala dinas, dan tamu lainnya. Setelah menggelar pameran, peserta top 3 kembali melaksanakan seminar.


Pada hari kedua, 3 besar diberi penghargaan oleh gubernur, dengan rincian juara 1 memperoleh hadiah 12,5 juta, juara 2 memperoleh 10 juta, dan juara 3 memperoleh 7,5 juta. 


Dari 900 orang yang mendaftar bidang lomba inovasi kepala sekolah, Kepsek SMAN 1 Turen berhasil memperoleh juara 3.


"Setiap tahun saya ikut, dan baru kali ini Alhamdulillah saya bisa lolos," ujar Eny, Kepsek SMAN 1 Turen.


Menurut Enny, beliau mengambil tema UKBI(Uji Kempuan Berbahasa Indonesia) karena telah menjadi program unggulan yang diadakan setiap tahun di SMAN 1 Turen, serta berdampak nyata dalam meningkatkan literasi pada guru dan murid, sehingga ada pustakawan muda, perpustakaan nya juara, digital skill, jurnalistik, dan semua yang berhubungan dengan literasi menjadi berkembang. 


Tidak hanya itu, pada Oktober 2022, dalam peringatan Bulan Bahasa, SMAN 1 Turen menggelar UKBI dan berhasil menjadi juara 2 sekolah terbaik yang melaksanakan UKBI tingkat nasional. Dan pada Desember 2022, SMAN 1 Turen mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, hadiah sebesar 20 juta diserahkan melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, Eny mengangkat UKBI sebagai tema dalam lomba inovasi kepala sekolah.


Kepsek yang telah menjadi juara 1 tidak diperbolehkan mengikuti kembali GCC tingkat provinsi, namun diperbolehkan mengikuti di tingkat nasional. Sehingga Kepsek SMAN 1 Turen yang belum mendapatkan juara 1, masih diperbolehkan untuk ikut GCC Batch 5 di tingkat provinsi. 


"Harapannya, jika tahun ini kepala sekolah saja yang menang, tahun depan guru-guru SMAN 1 Turen harus bisa ikut GCC dan masuk 5 nominasi dan 3 besar," lanjut Eny.


Kamis, 30 November 2023

Aulia Azahra

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Luar Biasa! Lagi-lagi Kepala SMAN 1 Turen Eny Retno Diwati Raih Prestasi, Juara 3 GCC Provinsi

Trending Now