Dosen UNESA Mengadakan Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Guru Bahasa Indonesia di Ponpes Tebuireng Jombang

Admin JSN
06 November 2023 | 20.37 WIB Last Updated 2023-11-07T19:01:48Z

ARTIKEL | JATIMSATINEWS.COM: Para dosen UNESA mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi para guru bahasa Indonesia di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang sebagai implementasi salah satu tugas pokok dosen yaitu melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Pondok Pesantren Tebuireng Jombang didirikan oleh Hadratus Syaikh K.H. Hasyim Asy’ari. Ajaran-ajaran beliau banyak ditulis dalam kitab kuning sehingga untuk memahami ajaran beliau para santri wajib bisa membaca kitab kuning.

Pondok Pesantren Tebuireng Jombang sebagai pondok pesantren modern menyelenggarakan berbagai pendidikan dari tingkat menengah sampai perguruan tinggi, seperti SMP, M.Ts. SMA, Aliyah, dan Unhasy dengan menerapkan kurikulum pesantren dan kurikulum nasional sesuai dengan kebijakan Pemerintah. Para guru bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan Pondok Pesantren tersebut perlu mendapatkan penyegaran tentang pengetahuan dan keterampilan menulis artikel ilmiah menggunakan bahasa Indonesia baku untuk meningkatkan profesionalisme mereka.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang mempunyai peranan yang sangat penting sebagai media komunikasi dan pengembangan ilmu pengetahuan di tingkat nasional maupun internasional karena bahasa Indonesia tidak hanya dipakai di Indonesia, tetapi sudah dipakai sebagai bahasa pergaulan dan penyebaran ilmu pengetahuan di tingkat internasional.

Secara nasional bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat kuat karena telah tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 35 bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa negara Indonesia. Bahasa Indonesia juga sudah dikuatkan lagi dengan adanya Undang-Undang Bahasa dan Identitas Nasional. Diperkuat lagi dengan Kepres Presiden tentang penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan dan wajib digunakan dalam peristiwa kenegaraan baik di dalam negeri maupun diluar negeri.

Bahasa Indonesia mempunyai dua kedudukan dan fungsi sebagai bahasa nasional dan sebagai bahasa negara. Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional berfungsi sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan, bahasa pergaulan secara nasional, sebagai identitas nasional, dan sebagai alat untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa Negara berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, sebagai lambang kebanggaan negara, dan bahasa resmi negara.

Permasalahan yang dihadapi para guru bahasa Indonesia di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng pada umumnya kurang memiliki pengatahuan dan keterampilan menulis artikel ilmiah maupun nonilmiah karena mereka tidak dituntut kenaikan pangkat seperti para guru bahasa Indonesia di sekolah negeri setiap kenaikan pangkat wajib menulis artikel ilmiah, sehingga motivasi menulis pada umumnya sangat rendah. Padahal sebagai guru bahasa Indonesia mereka harus mengajarakan keterampilan menulis dengan menggunakan bahasa Indonesia baku kepada para peserta didiknya. Hal tersebut sangat mempengaruhi terhadap kualitas peserta didik di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Untuk membantu dan mengatasi permasalahan mitra tersebut diperlukan pelatihan keterampilan menulis artikel ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia baku. Tim PKM UNESA terdiri atas Prof. Dr. Haris Supratno, Dr. Resdianto Permata Raharjo, dan Aries Dwi Indriyanti, S.Kom. M.Kom.

Untuk mengatasi permasalahan yang dialami mitra tersebut, Tim PKM Unesa bekerja sama dengan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang mempunyai tanggung jawa moral dalam pengamalan ilmu sesuai bidang keahlian masing-masing untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas para guru bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Tujuan kegiatan PKM tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah para guru bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan Pondok Pesantren Pesantren Tebuireng Jombang. 

Sasaran peserta program PKM adalah para para guru bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan Pondok Pesantren Pesantren Tebuireng Jombang Jumlah pesertanya 30 orang.

Penyelenggara Program kegiatan PKM tersebut merupakan kerja sama antara Tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Negeri Surabaya dengan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Metode kegiatan untuk  memecahkan permasalahan yang dihadapi para guru bahasa Indonesia Pondok Pesantren Tebuireng Jombang adalah, ceramah, diskusi, dan tanya jawab tentang teknik penulisan artikel ilmiah dan nonilmiah, Praktek menulis  artikel ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia baku dengan menggunakan komputer, pendampingan dalam praktek menulis  artikel iliah dan nonilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia baku, dan evaluasi seluruh program kegiatan PKM.

Kegiatan ini pada dasarnya merupakan kerja sama antara Tim PKM Unesa dengan UNHASY dan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Pihak mitra berperan menggkoordinasi peserta, menyiapkan tempat dan sarana prasarana untuk pelaksanaan kegiatan. Sedangkan pihak tim PKM dari Unesa lebih berperan dalam menyiapkan para pakar di bidang kegiatan PKM tersebut.

Sebagai wujud nyata kepedulian LPPM UNESA adalah sangat perhatian terhadap dunia pesantren di Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas sastri di Jawa Timur baik berupa bantuan afirmasi para santri masuk ke UNESA maupun mengadakan berbagai kegiatan PKM dengan skim khusus pesantren, baik di bidang pendidikan, pemberdayaan, maupun kewirausahaan.        
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen UNESA Mengadakan Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Guru Bahasa Indonesia di Ponpes Tebuireng Jombang

Trending Now