Sprint Master dan Grand Mercure Malang Mirama Dukung #Hack4ID Jawa Timur

Admin JSN
16 Oktober 2023 | 12.09 WIB Last Updated 2023-10-16T05:09:21Z
Kreativitas Berkolaborasi: #Hack4ID Jawa Timur Kembali Hadir Peserta #Hack4ID Jawa Timur bersama Sprint Master, Mentor, dan Fasilitator, Ngalam Innovation Hub serta Grand Mercure Malang Mirama

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM:  Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kembali menggelar kegiatan #Hack4ID di Jawa Timur. #Hack4ID merupakan sebuah program hackathon selama dua hari yang mengundang peserta untuk mengembangkan ide-ide solusi guna menyelesaikan masalah dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan di daerah tersebut. Program ini adalah bagian dari upaya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dalam memajukan ekosistem startup digital di Jawa Timur pada tahun 2023.

#Hack4ID Jawa Timur berlangsung di Kota Malang dan dimulai dengan acara Kick-Off daring pada tanggal 30 September 2023. Acara tersebut menghadirkan Sugito Adhi, S.T Par, M.M Par., General Manager Grand Mercure Malang Mirama sebagai narasumber yang memberikan wawasan mengenai permasalahan yang dihadapi oleh Grand Mercure dalam industri perhotelan. 

Beberapa permasalahan yang dibahas antara lain optimasi reservasi hotel secara langsung melalui website mereka, kerjasama dengan UMKM, dan program keberlanjutan terkait konsep planet 21 dan pengurangan penggunaan plastik.

Kegiatan utama dari #Hack4ID Jawa Timur berlangsung secara luring selama dua hari pada tanggal 14 - 15 Oktober 2023 di Malang Innovation Hub, Graha Politeknik Negeri Malang. Acara ini melibatkan 50 peserta yang telah dipilih dari acara Kick-Off sebelumnya. Kegiatan ini dipandu oleh Ayrton Eduardo, Pendiri Crevolutionz, dan Devi R. Ayu, Pendiri Cindaga.com & Pendiri Mom Digipreneur Community, sebagai Sprint Master selama dua hari kegiatan.

Para peserta diajak untuk melakukan Problem Sprint pada hari pertama dengan mempelajari materi mengenai Problem-Solution Fit oleh Reza Zamir, Co-Founder Syari-Hub. Mereka belajar cara mengidentifikasi masalah, melakukan riset pasar, menentukan pesona pengguna, dan memvalidasi solusi yang telah ada. Fokus kegiatan pada hari pertama adalah problem sprint dengan menggunakan metode Design Sprint.

Hari kedua melibatkan Sitti Raisya, Co-Founder & CMO di PT Kasir Pintar Internasional, sebagai mentor tamu yang memberikan materi mengenai Pitching 101. Pada hari ini, peserta fokus pada solution sprint, di mana setiap tim akan mempresentasikan solusi yang telah mereka buat selama dua hari kegiatan.
Selama dua hari kegiatan tersebut, terbentuk total 14 tim, dan masing-masing tim mempresentasikan ide permasalahan dan solusi mereka serta menerima umpan balik langsung dari mentor yang hadir.

Diungkapkan oleh Sugito Adhi selaku General Manager Grand Mercure Malang Mirama bahwa dengan kolaborasi industri perhotelan bersama para startup menjadi salah satu terobosan dan inovasi baru untuk kedepannya. Ia mengaku project ini cukup berlangsung lama dalam persiapannya, mulai dari pemilihan study case, rangkaian acara Kick-Off hingga berlangsungnya acara tersebut.

“Kami mengajak para startup ini untuk membuat solusi dari 4 study case yang kami tawarkan yaitu mengenai direct booking ke website kami, platform untuk penggiat budaya, kampanye keberlanjutan lingkungan serta manajemen inventaris dan keterlibatan UMKM” ujar Sugito Adhi.

#Hack4ID Jawa Timur telah diselenggarakan sebanyak tiga kali di beberapa daerah di Jawa Timur. Anda dapat mengikuti informasi terbaru mengenai #Hack4ID dan program-program lainnya dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital melalui situs web resmi mereka di https://web.1000startupdigital.id atau dengan mengunduh aplikasi 1000 Startup Digital melalui Play Store / App Store.

"Saat ini, harapan kami adalah agar peserta dapat mengembangkan ide-ide mereka dan melakukan validasi untuk kemudian mengembangkannya menjadi bisnis startup berkelanjutan yang dapat menjawab permasalahan yang ada," kata Sausan, Regional Operational Manager Hub 9 Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sprint Master dan Grand Mercure Malang Mirama Dukung #Hack4ID Jawa Timur

Trending Now