Sensasi Coblos Manual Demokrasi di SMAN 1 Purwosari Pasuruan

Admin JSN
09 Oktober 2023 | 22.29 WIB Last Updated 2023-10-12T10:51:34Z
Sensasi Coblos Manual Demokrasi di SMAN 1 Purwosari Pasuruan

PASURUAN| JATIMSATUNEWS.COM: Pemilihan ketua Osis memang telah digelar beberapa waktu lalu, akan tetapi sensasi memilih ala pemilu masih dirasakan civitas akademika SMAN 1 Purwosari hingga saat ini, Kamis 12/10/2023.

"Saat itu suasana SMAN 1 Purwosari Pasuruan terasa sangat bersemangat. Rabu, 20 September 2023, saat pemilihan umum ketua OSIS & MPK dilaksanakan, siswa dan guru antusias mengikuti pelaksanaan dari coblosan hingga pengumuman," ucap Fety Kepala SMAN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan pada JatimSatuNews saat wawancara tentang berlangsungnya pemilu di sekolah tersebut. 

Dijelaskan bahwa acara merupakan rangkaian dari upaya regenerasi dengan tema "Menciptakan Regenerasi Berjiwa Pemimpin Melalui OSIS/MPK yang Bervisi, Tim, dan Disiplin." Pemilihan ini melibatkan seluruh warga sekolah, termasuk siswa-siswi, dan GTK SMAN 1 Purwosari Pasuruan.

Ketua OSIS sekaligus ketua penyelenggara, Aulia Salma, menjelaskan bahwa tujuan dari pemilihan ketua OSIS & MPK ini adalah untuk mengganti pengurus yang lama dengan yang baru. Lebih dari itu, pemilihan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan sistem demokrasi kepada seluruh siswa dan siswi di lingkungan sekolah.

Pilketos berlangsung di alun-alun atau lapangan tengah sekolah, menciptakan suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Berbeda dengan tahun-tahun lalu yang masih diwarnai oleh pandemi COVID-19, tahun ini pemilihan ketua OSIS & MPK dijalankan secara manual dengan mencoblos foto para kandidat. Ini menjadi sensasi tersendiri bagi para siswa dan siswi, yang merasa senang dapat memilih sendiri.

Aulia Salma, yang didampingi oleh ketua MPK (Setyawan) yang juga penitia Pilketos mengatakan," 
Di tahun ini kami memilih untuk menjalankan pilketos dengan cara manual yaitu dengan mencoblos foto para kandidat, rasanya ada sensasi bisa milih sendiri seperti ikut pemilu betulan."


 Selain pemilihan secara langsung, penyelenggara juga memberikan kesempatan pada kandidat untuk memberikan orasi kepada seluruh kelas, membuat acara pemilihan semakin menarik.

 "Kegiatan tersebut sangat ditunggu-tunggu karena kami bisa melihat setiap kemampuan kandidat," urai Salma siswi kelas XII MIPA 5
Jabatan di kepengurusan OSIS/MPK sebagai Ketua Osis masa bakti 2022/2023

Menceritakan kondisi, Salma dan Setyawan menyebut suasana panas terasa bagi para panitia OSIS/MPK masa bakti 2022/2023, karena mereka merasakan campuran perasaan antara sedih, takut, dan bahagia.

"Kami merasa sedih karena akan jarang bertemu dengan teman-teman, takut akan kerenggangan komunikasi antar sesama, tetapi pada akhirnya kami bahagia karena telah berhasil melaksanakan berbagai program kerja dengan semaksimal mungkin," urai Salma. 

Suasana haru justru terasa saat perhitungan suara dimulai. Dengan dihadiri oleh perwakilan dari setiap kelas sebagai saksi dan didampingi bapak-ibu pembina OSIS. Semua itu menandai akhir dari pemilihan umum yang penuh semangat ini.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sensasi Coblos Manual Demokrasi di SMAN 1 Purwosari Pasuruan

Trending Now