Semarak Festival Seni Balai Pemuda dengan Model Lukis Wakil Konsulat Jenderal Australia

Admin JSN
07 Oktober 2023 | 06.33 WIB Last Updated 2023-10-06T23:33:17Z

Perupa dari Jawa dan Bali melukis bersama atau On The Spot pada acara Festival Seni Balai Pemuda Surabaya., 6/10/2023. Foto dokumen Sri RD.


SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM:  Ratusan pelukis dari berbagai daerah di Jawa Timur antusias mengikuti  pembukaan Festival Seni Balai Pemuda (FSBP) 2023, Jumat, 6/10/2023.

Festival tersebut dijadwalkan dibuka Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi sekaligus menjadi model lukis. Namun, karena harus menerima tamu dari Kementerian Dalam Negeri, acara diwakilkan kepada Staf Ahli Wali Kota.

"Samula FSBP Surabaya 2023 akan dibuka oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, sekaligus menjadi model untuk digambar oleh pelukis yang hadir, tetapi ternyata beliau tidak datang," ucap Ketua Sanggar Merah Putih sekaligus ketua penyelenggara FSBP, M. Anis dengan nada kecewa, Jumat 6/10/2023.

Staf Ahli Wali Kota Surabaya sebagai perwakilan memohon maaf kepada seluruh peserta festival karena batalnya kehadiran Eri Cahyadi yang sering disapa Cak Eri.

Walaupun demikian, melukis bersama atau On The Spot dengan Model pengganti Wakil Konsulat Jenderal Australia, Anthony Clark tetap semarak.

Hasil dari lukisan setiap perupa yang ikut bakal diseleksi oleh panitia dari Sanggar Merah Putih. Lukisan yang terpilih dipamerkan Sabtu, 7/10/2023 di area basement Alun-alun Surabaya.

Sementara karya dari 54 perupa dari Jawa dan Bali yang masing-masing 8 karya dipamerkan dan dijual di bursa lukis Galeri Merah Putih. Masing-masing karya dibandrol sama, Rp250.000.

M. Anis berharap dengan harga yang kecil, banyak warga tertarik mengoleksi lukisan. Selama ini lukisan besar sering dipamerkan dengan harga yang cukup mahal dan itu tidak bisa terjangkau semua lapisan masyarakat.

Sanggar Merah Putih yang diketuai M. Anis merupakan salah satu komunitas penggerak seni di Kota Surabaya yang terus mengembangkan kesenian di Indonesia khususnya Jawa dan Bali.

FSBP  dilaksanakan mulai tanggal 6 Oktober hingga 15 Oktober dengan menampilkan semua bentuk kesenian, tari, teater, sastra dan seni rupa.

"Kenapa diadakan di bulan Oktober? karena nanti tanggal 19 pendaftaran pemilu sudah dibuka yang akan membuat dunia dan media ramai berebut panggung, tetapi panggung kesenian tetap harus dimainkan, agar keseimbangan tetap terjaga." tutup Anis kepada awak media. (Sri RD)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarak Festival Seni Balai Pemuda dengan Model Lukis Wakil Konsulat Jenderal Australia

Trending Now