Peningkatan Kapasitas Character Building Bagi Guru Madrasah Berbasis Active Learning di Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan

Admin JSN
21 Oktober 2023 | 20.05 WIB Last Updated 2023-10-21T21:16:51Z
Sambutan dari Ketua Yayasan Darul Ulum dan Dewan Guru Madrasah Madrasah Diniyah
PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Pendidikan Madrasah bukan hanya tentang transfer pengetahuan agama, tetapi juga tentang menciptakan individu yang beriman, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif pada masyarakat. Guru yang mampu membentuk karakter siswa akan membantu menciptakan generasi yang lebih baik.

Oleh karena itu, pengembangan karakter guru dalam pendidikan dinilai sangat penting, karena hal tersebut dapat membentuk perilaku positif dari siswa. Peningkatan kapasitas guru merupakan aspek esensial dalam pengembangan sistem pendidikan yang efektif dan responsif, mengingat peran guru sebagai penggerak utama dalam proses pembelajaran, yang harus terus mengembangkan kemampuan mengajar, manajemen kelas, dan adaptasi terhadap perubahan dinamika pendidikan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang bermutu dan relevan bagi siswa.

Ketua Tim Pengabdian, Prof. Setyo Tri Wahyudi, S.E., M.Ec., Ph.D memberikan literasi active learning sebagai solusi untuk peningkatan kapasitas character building
Berangkat dari permasalahan tersebut, Prof. Setyo Tri Wahyudi, S.E., M.Ec., Ph.D, selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) yang juga bertindak sebagai Ketua Tim Pengabdian Abdi Dharma, memberikan literasi dan pendampingan tentang peningkatan kapasistas character building bagi Guru Madrasah Darul Ulum, Kec. Grati, Kabupaten Pasuruan.
Tim pengabdian ini beranggotakan dosen FEB UB, Dr. Nurul Badriyah, S.E., M.E., Rihana Sofie Nabella, S.E., M.E., Kartika Sari, S.E., M.E., dan satu orang mahasiswi pascasarjana, Radeetha, S.E.
Literasi dan pendampingan oleh Tim FEB UB ini diselenggarakan dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) bekerja sama dengan Yayasan Darul Ulum, Kec. Grati, Kabupaten Pasuruan. 

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam kurun waktu Juli-November 2023. Dalam acara FGD yang berlangsung pada hari Minggu, tanggal 3 September 2023, Tim FEB UB mendapat sambutan yang hangat dari Yayasan dan guru-guru di Madrasah Darul Ulum, terlihat dari aktifnya kegiatan diskusi berupa tanya jawab terkait permasalahan peningkatan kapasitas guru.
 
FEB UB dengan Yayasan Darul Ulum Kec. Grati Kabupaten Pasuruan 
Akhir sesi dari acara ini menghasilkan kesepatakan kerja sama antara FEB UB dengan Yayasan Darul Ulum Kec. Grati Kabupaten Pasuruan dalam rangka meningkatkan kapasitas character building Guru Madrasah berbasis active learning. Tim pengabdian telah membentuk Grup Diskusi bersama Bapak Ibu Guru Madrasah untuk terus bersama meningkatkan kapasitas guru dalam menghadapi tantangan dunia Pendidikan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peningkatan Kapasitas Character Building Bagi Guru Madrasah Berbasis Active Learning di Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan

Trending Now