New! Dosen Kimia UM Sukses Lakukan Pelatihan Pembuatan Sirup Glukosa Inovatif dari Buah Sukun, Cocok untuk Penderita Diabetes

Eko Rudianto
09 Oktober 2023 | 19.36 WIB Last Updated 2023-10-09T13:07:45Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Untuk bisa melakukan berbagai aktivitas, manusia tentu membutuhkan suatu energi. Sumber utama energi tubuh manusia salah satunya adalah glukosa, dan glukosa dapat ditemukan dalam sayuran ataupun buah-buahan seperti halnya buah sukun. Malang merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki potensi penghasil buah sukun terbesar. Berbagai cara pengolahan buah sukun sudah banyak dilakukan oleh masyarakat mulai dari digoreng, dikukus, dipanggang, dan lain-lain. Namun masih belum banyak ditemukan masyarakat memanfaatkan buah sukun untuk menjadi produk baru seperti halnya sirup glukosa. Hal ini membuat Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Kimia UM, Hanumi Oktiyani Rusdi, S.Pd., M.Si., Dr. Irma Kartika Kusumaningrum, S.Si., M.Si., dan Dr. Yudhi Utomo, S.Si., M.Si. tergerak untuk melaksanakan pelatihan pembuatan sirup glukosa dari buah sukun. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat mendapatkan pendanaan dari dana internal UM.

“Pengabdian ini dapat dilakukan berawal dari adanya permintaan masyarakat untuk membuat olahan buah sukun menjadi produk lain yang belum ada dipasaran, kemudian mendapatkan ide untuk mengolahnya menjadi sirup glukosa karena buah sukun memiliki kandungan pati” ungkap Hanumi selaku ketua tim.

“Buah sukun merupakan buah tropis yang tumbuh subur di Indonesia terkhusus di wilayah Malang” imbuhnya. 

Pengabdian dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 4 Agustus 2023 yang bertempat di Cafe Jotaz. Adapun peserta pelatihan pembuatan sirup glukosa dari buah sukun ini adalah para Tenaga Pengajar LKP Jotaz Education, Kota Malang. Dalam pengabdian ini, terdapat lima mahasiswa yang dilibatkan diantaranya adalah Adel, Fala, Afif, Hikmatul Khasanah, dan Iqbal. Ke lima mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa prodi S1 Kimia angkatan 2019 dan 2020.

Para peserta sangat antusias mengikuti serangkaian acara pelatihan pembuatan sirup glukosa dari buah sukun. Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ibu X selaku perwakilan dari Komunitas Jotaz Education kemudian dilanjut sambutan dari Hanumi Oktiyani Rusdi, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat. Dilanjutkan pemaparan materi terkait pengolahan buah sukun menjadi produk baru yang bernilai ekonomis yaitu sirup glukosa yang disampaikan oleh Hanumi Oktiyani Rusdi, S.Pd., M.Si. “Sirup glukosa merupakan produk cair yang mengandung glukosa, yaitu gula sederhana yang merupakan sumber utama energi bagi tubuh manusia. Produksi sirup glukosa melibatkan hidrolisis pati menjadi glukosa, dan kemudian dipekatkan menjadi sirup” pungkasnya menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksud dengan sirup glukosa.

Tidak hanya pemaparan materi, namun terdapat praktik untuk membuat sirup glukosa secara langsung yang dapat diikuti oleh para peserta. Para peserta mendapatkan satu paket alat dan bahan yang sudah disiapkan oleh tim agar bisa mempraktikkan kembali dirumah masing-masing, selain itu peserta juga mendapatkan satu botol sirup yang sudah berhasil dibuat oleh Ibu Hanumi. Acara berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir, dan ditutup dengan foto bersama. 

“Harapan saya, semoga pengabdian yang sudah dilakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat sebagai ide baru untuk mengolah buah sukun menjadi produk gula yang lebi sehat dan cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes” ungkap Hanumi akan harapannya.

Selain itu dari pihak komunitas Jotaz Education menerima dengan baik akan pengabdian yang sudah dilakukan oleh dosen Kimia UM beserta mahasiswa yang turut membantu. 

“Bagus, sangat bermanfaat bagi kami dan ini merupakan inovasi baru karena ternyata buah sukun bisa diolah menjadi sirup glukosa yang lebih sehat” ungkap Puspa sebagai Ketua LKP Jotaz mengenai pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • New! Dosen Kimia UM Sukses Lakukan Pelatihan Pembuatan Sirup Glukosa Inovatif dari Buah Sukun, Cocok untuk Penderita Diabetes

Trending Now