Maulid nabi dan bedah buku sebagai ujian tugas akhir di IAI Al-Qolam Malang."

Admin JSN
20 Oktober 2023 | 17.49 WIB Last Updated 2023-10-20T10:49:41Z
 


MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Kamis, 19 Oktober 2022. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Assurur dari IAI Al-Qolam Malang berkolaborasi dengan UKM Pesantren Al-Qolam untuk menggelar acara maulid nabi dan bedah buku. Acara diawali dengan pembacaan maulid dan qosidah-qosidah Arab dari Assurur yang notabenenya memang fokus kepada pengembangan santri yang mempunyai bakat dan minat untuk menjadi tim Hadroh. Kemudian setelah membacaan maulid, baru dilanjutkan dengan pembukaan yang di pandu oleh master ceremory dari UKM pesantren yaitu saudara Junaidi. 

Nico Yanuar selaku anggota dari UKM Assurur, memberi sambutan mewakili panitia dalam acara ini. Beliau menyampaikan bahwa acara ini sekaligus menjadi momentum untuk mengumpulkan antar Omik (Organisasi Mahasiswa Intra Kampus) dan Omek (Organisasi Mahasiswa Ekster Kampus) dalam satu tempat. Terutama bagi Omek yang akhir-akhir ini ada perenggangan antar organisasinya di kampus.

Adapun buku yang dibedah pada acara ini berjudul "Melepas Tabir Taklid terjemah dari kitab Taqrirot Tijan Ad Darori." Yang sudah di alih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia oleh Abdul Alam Al-Khoiri.  Bedah buku ini dimoderatori oleh Muhammad Wafiq dari UKM pesantren dengan narasumber Abdul Alam Al-khoiri selaku penulis buku ini, TGH. Muhammad Hilal, M. Fil sebagai pembedah dan Dr. H. Zainuddin Fanani, SEI, M. Pd. I sebagai komentator dalam buku ini.

Ada yang unik dalam acara bedah buku kali ini, selain untuk mengenalkan dan mempromosikan isi buku, bedah buku ini juga di maksudkan sebagai ujian tugas akhir dari penulis itu sendiri. Mengingat beliau (Abdul Alam Al-khoiri) merupakan mahasiswa tingkat Akhir di IAI Al-Qolam. 

Adapun Dr. H. Zainuddin Fanani, SEI, M. Pd. I sebenarnya merupakan kaprodi PAI di IAI Al-Qolam sekaligus berperan sebagai dosen penguji. Dan menariknya, beliau menyerahkan audiens yang ikut dalam bedah buku ini untuk bertanya. yang mana pertanyaan audiens ini merupakan ujian bagi penulis di tugas akhirnya. Beliau juga mengomentari positif buku ini, termasuk juga menyebutkan bahwa hal yang kurang dari buku ini adalah ukurannya yang tipis. Beliau juga menekankan para audiens yang notabenenya mahasiswa Al-Qolam sendiri meniru jejak penulis, menggunakan buku sebagai tugas akhir.

Antusiasme audiens sangat tingga dalam acara ini, hingga sepanjang sesi tanya jawab di buka, total ada 10 pertanyaan yang masuk dari audiens dan semuanya dijawab tuntas oleh penulis.

Acara diakhir dengan pembacaan doa oleh M. Zainuddin Amin dari UKM Pesantren baru kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan penulis dan seluruh peserta yang hadir. 

Penulis: Muhammad Wafiq
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Maulid nabi dan bedah buku sebagai ujian tugas akhir di IAI Al-Qolam Malang."

Trending Now