KKN TEMATIK UM GELAR SOSIALISASI PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK KOPI DI DESA BANGELAN

Eko Rudianto
14 Oktober 2023 | 18.45 WIB Last Updated 2023-10-14T11:46:02Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ES SDGs Departemen Kimia Universitas Negeri Malang menggelar sosialisasi dan pelatihan pengembangan inovasi produk olahan kopi. Produk tersebut yaitu sabun organik dan lilin aromaterapi. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya diversifikasi produk olahan kopi, sehingga besar harapan kegiatan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan perekonomian serta kreativitas masyarakat Desa Bangelan, Kec. Wonosari, Kab. Malang.

Mayoritas masyarakat Desa Bangelan merupakan petani kopi. Sejauh ini, hasil panen kopi tersebut langsung masyarakat jual atau didistribusikan dalam bentuk biji kopi. Belum adanya upaya signifikan terkait diversifikasi produk kopi inilah yang menjadi latar belakang diadakannya kegiatan ini. Hal tersebut terjadi karena belum adanya ide maupun inovasi dari masyarakat terkait produk olahan lain yang dapat dibuat dengan berbahan dasar kopi. Oleh karena itu, KKN-T Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan inovasi produk olahan kopi yang dihadiri oleh Ibu-Ibu PKK Desa Bangelan bertempat di Balai Desa Bangelan pada Selasa, 5 September 2023.

“Program kegiatan ini dilakukan untuk memberikan inovasi kepada masyarakat Desa Bangelan terkait diversifikasi produk olahan kopi seperti sabun organik dan lilin aromaterapi. Sehingga hasil kopi di Desa ini tidak dijual dalam bentuk bubuk kopi siap saji saja.” ungkap Faisal Yusuf selaku penanggungjawab program kegiatan ini.

Langkah awal pelatihan ini yaitu dengan sosialisasi pemberian materi mengenai manfaat kopi dan produk olahan kopi kepada Ibu-Ibu PKK dengan menghadirkan Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D sebagai narasumber. “Kopi merupakan tanaman yang bermanfaat untuk tubuh karena mengandung kafein dan antioksidan. Struktur tanaman kopi yang bermanfaat diantaranya yaitu ampas kopi dapat dijadikan pupuk, daun kopi dapat dijadikan ecoprint, serta biji kopi yang dapat dijadikan sabun organik dan lilin aromaterapi. Produk-produk tersebut merupakan diversifikasi olahan kopi yang dapat meningkatkan harga nilai jual kopi serta kreativitas dan inovasi masyarakat Desa Bangelan.” ujar-Nya.

Kegiatan selanjutnya yaitu pelatihan pembuatan sabun dan lilin aromaterapi dari kopi. Kegiatan tersebut dilakukan agar dari Ibu-Ibu PKK dapat berpartisipasi secara langsung dalam proses produksi. Dalam kegiatan tersebut, antusiasme Ibu-Ibu PKK Desa Bangelan sangatlah luar biasa, dari peserta pun turut aktif di kegiatan tersebut. Besar harapannya setelah kegiatan pelatihan ini dari masyarakat dapat melanjutkan atau berwirausaha secara mandiri, sehingga nilai jual dari produk kopi akan jauh lebih tinggi dan perekonomian daerah dapat meningkat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KKN TEMATIK UM GELAR SOSIALISASI PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK KOPI DI DESA BANGELAN

Trending Now