UM Dampingi Siswa Merawat Tanaman dalam Menjalankan Program Adiwiyata Berbasis Environmental Activity di SDN 1 Sawojajar

Eko Rudianto
24 September 2023 | 16.19 WIB Last Updated 2023-09-24T09:23:12Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Secara internasional Adiwiyata disebut Green School yang merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. Salah sata kegiatan yang dapat mensukseskan kegiatan program adiwiyata ini yaitu dengan merumuskan dan menerapkan kegaitan yang berbasis environmental activity. Dosen dari Universitas Negeri Malang yaitu Dr. Tuti Mutia, M.Pd bersama tim pengembang PLMK melakukan pendampingan siswa dalam merawat tanaman sebagai wujud dalam menjalankan program adiwiyata berbasis environmental activity.

Kegiatan tersebut diikuti oleh warga sekolah pada hari jumat tanggal 22 September 2023. Kegiatan ini ini disebut sebagai ozon day dengan nama prpgram julid (jumat lingkungan hidup) yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Kegiatan perawatan tanaman dirangkai dengan praktik penanaman sampai dengan perawatan. Penjelasan nara sumber dari universityas negeri malang terkait cara merawat tanaman dan pralktik secara langsung dengan tanaman yang sudah dipersipkan olehbamsong maosng kelompok siswa. Siswa yang mengikuti kegiatan ini yaitu kelas 4,5dan 6. Adapun tanaman yang paling banyak di bawa oleh siswa siswa yaitu lidah mertua. Lidah mertua memiliki fungsi yanga sangat baik untuk kualitas lingkungan. Hal dikarenakan lidah mertua dapat menerap karbon dioksida dan melepaskan okesigen, sehingga uada lebih segar. Sebagian besar tanaman atau tumbuhan berfungsi untuk menghasilkan oksigen, sehingga dibutuhkan perawatan untukntetap subur, sehingga dapat menjalankan fungsinya.

Memiliki taman yang subur, asri dan segar tentu membutuhkan usaha dan pengetahuan mengenai bagaimana cara pemeliharaan tanaman agar tumbuh subur. Adapun cara merawat tanaman agar tumbuh dengan subur dapat dilakukan dengan Memilih dengan tepat media tanam, tempat untuk menanam, Memberi sinar matahari yang cukup, Menyiram tanaman dengan teknik yang tepat, Mengatur suhu dan kelembaban, Memastikan tanaman bebas dari hama, Memotong bagian yang kering atau mati, Menggunakan pupuk alami, dan Memangkas rumput liar. Yuk, rawat tanamanmu sekarang juga!

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan siswa terlihat sangat antuisias mengikutinya. Harapannya dari kegiatan ini siswa dan warga sekolah akan klebih peduli terhadap kelestarian tumbuhan/tanaman, sehingga berdampak baik terhadap kualitas lingkungan.

Kegiatan merawat dan menanam tanaman ini dilakukan baik di sekolah ataupun di rumah, sehingga berpengaruh terhadap perubahan sikap dan perilaku anak ketika merawat tanaman yang telah ditanam sebelumnya. 





Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UM Dampingi Siswa Merawat Tanaman dalam Menjalankan Program Adiwiyata Berbasis Environmental Activity di SDN 1 Sawojajar

Trending Now