Pionir, SMPN 1 Turen Deklarasikan 3 Anti Termasuk Bullying

Admin JSN
23 September 2023 | 06.55 WIB Last Updated 2023-09-23T00:04:30Z
Deklarasi bersejarah dalam upaya memerangi bulying, kekerasan, dan penyalahgunaan narkoba bagi dunia pendidikan

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Suwadji, bersama dengan Forkopimcam Kecamatan Turen bersama civitas SMP Negeri 1 Turen telah melakukan deklarasi bersejarah dalam upaya memerangi bulying, kekerasan, dan penyalahgunaan narkoba bagi dunia pendidikan. Kegiatan dilakukan diantara siswa-siswi di halaman SMP Negeri 1 Turen pada Jumat, 22 September 2023.

Dalam sambutan, Kadisdik Kabupaten Malang, Suwadji, menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap upaya ini. Menjadi langkah pertama yang diimplementasikan di Kabupaten Malang dan bahkan daerah lainnya. SMPN 1 Turen menjadi pionir dalam upaya menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan ramah anak. 

"Kami berharap kegiatan ini akan menginspirasi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Malang khususnya, serta menjadi contoh bagi daerah lainnya pada umumnya," Kadisdik Suwaji.

Kadisdik Kabupaten Malang Suwaji dan Kepala SMPN 1 Turen  Suwardoyo 

Upaya ini juga sejalan dengan Permendikbud Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP), yang mengidentifikasi enam jenis kekerasan, termasuk kekerasan fisik, psikis, dan seksual, perundungan, intoleransi, serta kebijakan yang mengandung kekerasan. Permendikbud ini mengamanatkan pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di setiap satuan pendidikan, serta Satuan Tugas (Satgas) di tingkat pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota.

"Kami melibatkan semua komunitas di sekolah ini dalam upaya menangani permasalahan bullying dan kekerasan. Setiap kelas memiliki tiga anggota satgas, termasuk guru, karyawan, dan orang tua siswa. Bersama Polsek nantinya secara berkala akan dilanjuti dengan pembinaan Satgas secara  intensif. Kami akan berusaha memastikan  tidak akan ada  bullying dan kekerasan di sekolah kami. Harapannya,  deklarasi ini akan menginspirasi sekolah lain untuk melakukan hal yang sama  dalam memerangi bullying dan kekerasan dimulai dari tingkat kelas," ungkap Kepala Sekolah SMPN 1 Turen, Suwardoyo, kepada JatimSatuNews pada Jumat, 23 September 2023.

Dengan komitmen yang kuat Kepala Sekolah Suwardoyo berharap dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan mendukung pertumbuhan anak-anak secara positif di SMP Negeri 1 Turen guna menjadi sekolah ramah anak  dan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya di seluruh Kabupaten Malang.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pionir, SMPN 1 Turen Deklarasikan 3 Anti Termasuk Bullying

Trending Now