Pengembangan Smart Village melalui ISSP pada Pelayanan Publik di Desa Pucangsari

Admin JSN
08 September 2023 | 06.23 WIB Last Updated 2023-09-07T23:23:31Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Univeritas Yudharta Pasuruan pada tahun 2023 telah mendapingi Pemerintah Desa Pucangsari untuk memperbaiki kinerja diera digitalisasi melalui Hibah Dikti tahun 2023 ketiga dosen dari Prodi Informatika yakni  Luqman Hakim,PhD dan Imron Rosyadi, MT sedangkan prodi adminitrasi Publik yakni Agus Prianto MPA memusatkan pendampingannya di desa Pucangsari Purwosari dengan penerapan integrated smart system platform (ISSP) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan smart village di desa pucangsari kec. purwosari kab. pasuruan

kegiatan pengabdian ini mendorong percepatan dalam mereformasi pemerintah desa untuk lebih responsive dan akuntabel dalam menjawab era digitalisasi dalam  menjalankan peran sekaligus fungsi pemerintah desa mewujudkan konsep smart village sebagai komitmen mewujudkan satu data kabupaten pasuruan sebagaimana diatur Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2021. 
Salah satu komitmen ini adalah perbaikan pelayanan didesa Pucangsari  ke arah smart village yang muaranya pada perkembangan konsep smart city. Hal ini didasarkan pada kondisi akan desa sebagai bagian pemerintah dalam struktur pemerintahan Indonesia juga memerlukan pembaharuan dan adopsi terhadap perkembangan teknologi informasi, ditingkat desa dalam perwujudan desa global. 

Penerapkan teknologi informasi akan mendorong percepatan pengembangan smart city dikabupaten pasuruan sebagai satu data yang relevansinya atas karakter pembangunan, desa  pucangsari memiliki pola pembangunan yang berbeda dengan kota. Desa merupakan kesatuan unit dari suatu entitas masyarakat yang memiliki karakter dan tradisi yang khas yakni masyarakat berprofesi petani dan juga pekerja di Industri sehingga dibutuhkan adanya inovasi pelayaan agar kebutuhan masyarakat dalam hal hak warga akan terpenuhi dengan baik. 

Luaran program PkM yang didanai oleh DIKTI pada tahun 2023 adalah pelayanan penduduk berbasis Android sebagaimana tujuan untuk mendekatkan pelayanan pemerintah desa kepada masyrakat. Harapan program ini menjadi pilot project dikabupaten pasuruan dan role model yang bermanfaat  untuk di jadikan percontohan desa dikabupaten pasuruan dalam mewujudkan pelayaan yang efektif. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengembangan Smart Village melalui ISSP pada Pelayanan Publik di Desa Pucangsari

Trending Now