“INTIMATE” Kelas Edukasi Terrarium di Kebun Raya Purwodadi

Admin JSN
25 September 2023 | 15.44 WIB Last Updated 2023-09-25T08:44:53Z

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM:
Terarium atau vivarium merupakan replikasi mini suatu ekosistem terdiri dari elemen tanaman, mikroorganisme, dan mineral yang diletakkan dalam wadah kaca transparan. Pembuatan terrarium dilakukan untuk beragam kebutuhan seperti untuk penelitian, metode bercocok tanam maupun dekorasi.

Kelas edukasi terrarium yang dilaksanakan bulan ini di Kebun Raya Purwodadi bertujuan tidak hanya untuk dekorasi. Tetapi juga dibuat untuk meningkatkan pengetahuan di bidang botani, konservasi, maupun lingkungan bagi peserta edukasi. 
Dilihat dari jenisnya, terrarium dibagi menjadi dua, terrarium terbuka dan tertutup. Sedangkan untuk kelas edukasi ini menggunakan terrarium terbuka yang ditandai dengan bentuk wadahnya yang terbuka pada salah satu sisinya. 

Kepala Hortikultura Kebun Raya Purwodadi – Hadhiyyah N. Cahyono, menyampaikan “Sengaja menggunakan terrarium terbuka karena lebih mudah untuk dibuat serta lebih mudah untuk ditata ulang, mengingat bentuk wadah yang terbuka pada salah satu sisinya. Dan menggunakan wadah dari kaca transparan karena memungkinkan cahaya masuk untuk memenuhi kebutuhan energi cahaya,

Adapun tanaman yang digunakan dalam kelas edukasi ini yaitu tanaman sekulen dan kaktus. Tanaman yang digunakan dalam kelas edukasi ini diperbanyak secara konvensional di nurseri kebun raya purwodadi. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah menyampaikan kebutuhan kelas edukasi yang dibutuhkan.

Menanam tanaman hias melalui terrarium memiliki banyak kelebihan. Diantaranya terrarium tidak membutuhkan ruang yang luas untuk hidup, pemeliharaan terrarium tidak terlalu rumit, mempunyai nilai estetika yang lebih dan memiliki nilai ekonomi.

Serunya kelas edukasi di Kebun Raya Purwodadi, hasil praktik dapat dimiliki oleh peserta dan dapat menyesuaikan kebutuhan baik group, maupun private “intimate” agar ilmu maupun informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Dan dapat menerapkan ilmunya tersebut dimanapun berada. Seperti peserta adik kakak ini Agnes dan Clarissa , yang berasal dari Surabaya,

 “Agenda weekend ini dimanfaatkan dengan kelas edukasi terrarium di Kebun Raya Purwodadi, walaupun saya awalnya agak ragu bisa enggak buat terrarium sendiri, akhirnya setelah dibimbing oleh tim horti dari Kebun Raya Purwodadi ternyata buatnya cukup mudah. Dan kelas edukasi terrarium ini asyik banget karena karena dapat menanam beragam tanaman kaktus di wadah kaca selain itu kelas ini bukan pertama kelas edukasi yang saya ikuti, bulan lalu saya dan adik saya juga mengikuti kelas edukasi tanaman karnivora di Kebun Raya Purwodadi,”
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • “INTIMATE” Kelas Edukasi Terrarium di Kebun Raya Purwodadi

Trending Now