Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1094, Akhiri Jabatan Bupati Gus Irsyad Bertahan Panas Nonton Dolanan

19 September 2023 | 06.19 WIB Last Updated 2023-09-19T01:51:34Z
Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf bersama undangan nonton dolanan siswa SD Kabupaten Pasuruan dalam cuaca cukup panas

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Tanggal 18 September Kabupaten Pasuruan merayakan hari jadi. Pada Senin di tahun 2023 pelaksanaan upacara diadakan di halaman Pendopo Kabupaten Pasuruan yang terletak di kawasan alun-alun kota Pasuruan.

Terlihat Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf memimpin upacara, duduk di barisan undangan nampak Wakil Bupati KH Mujib Imron dan jajaran Forkopimda, kepala OPD, Ketua Lembaga, juga tamu undangan lain. 

Berlangsung sejak pagi hari sekitar pukul 09.00 acara berlangsung sebagaimana biasanya sesuai urutan upacara. Bupati dan peserta nampak takzim mengikuti di tengah cuaca terik menyengat, bahkan dengan durasi berdiri yang cukup lama. 

Usai sesi prosesi upacara pemandangan berbeda tersaji, sesudah pemberian beberapa  penghargaan pada warga Kabupaten Pasuruan, aneka permainan dolanan ditampilkan tepat di hadapan bupati dan tamu undangan. Mulai dakon hingga holahop. Host menyebut sebagai cara tradisional anak-anak Pasuruan bermain. 

Seperti menikmati, bupati tak beranjak hingga penampilan berakhir, padahal cuaca cukup terik. Peserta demikian juga, gelak tawa muncul menimpali kelucuan dan kepolosan bocah-bocah dari berbagai lembaga pendidikan.

"Wah seru juga penampilan permainan-permainan dolanan anak-anak SD ini. Semoga jadi alternatif biar gak hapean terus," ucap salah satu peserta undangan perempuan  berpakaian batik merah dari FPK, Forum Pembauran Kebangsaan yang datang bersama ketuanya Gus Bayhaqi Kadmi. 

Total ada 11 permainan yang diperagakan para siswa-siswi. Diantaranya permainan ular naga, dakon, tikus kucing, holahop, sewek terbang, egrang batok, engklek, bendan, lompat tali, sri gendem dan klompen raksasa.

Dengan memakai baju mulai ala tempo dulu lengkap kebaya untuk perempuan dan udeng hingga baju bermain sehari-hari, para bocah ini tampil satu-satu selama tiga menit. Mengakhirinya dengan ucapan Selamat  Hari Jadi Kabupaten Pasuruan di hadapan seluruh undangan.

Merupakan kali terakhir HM Irsyad Yusuf mengikuti upacara dalam masa jabatan sebagai bupati, usai upacara acara dilanjutkan ke bangsal pendopo untuk resepsi.(ans)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1094, Akhiri Jabatan Bupati Gus Irsyad Bertahan Panas Nonton Dolanan

Trending Now