Dosen UB Bina Pelaku UMKM Angkat Potensi Teh Bunga Rosela Jadi Produk Minuman Khas Lereng Wilis

Admin JSN
05 September 2023 | 10.13 WIB Last Updated 2023-09-05T03:13:07Z


KEDIRI | JATIMSATUNEWS.COM: Kabupaten Kediri merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi pengembangan dalam sektor pertanian dengan beberapa komoditas unggulan. Salah satu komoditas unggulan yang memiliki potensi adalah bunga rosella. Budidaya bunga rosella ini banyak ditemukan di Kecamatan Semen, yang terletak di lereng Gunung Wilis. Bunga rosella kering mengandung kalsium tinggi, magnesium serta omega-3, vitamin A, zat besi, potassium, beta karoten dan asam lemak esensial. Salah satu produk olahan dari bunga rosella adalah the bunga rosella. 

UMKM Anugerah Alam Wilis merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Kediri yang memproduksi teh bunga rosella kelopak merah dan kelopak ungu. Produk teh bunga rosella selama ini dipasarkan ke apotek dan toko di wilayah Kediri. Proses produksi masih dilakukan secara manual mulai dari pengeringan hingga pengemasan. Proses pengeringan kelopak bunga rosella selama ini dilakukan dengan bantuan sinar matahari sehingga waktu yang dibutuhkan minimal 2 hari jika cuaca panas, bahkan mencapai 4 hari jika cuaca mendung. Hal ini menyebabkan rendahnya efisiensi waktu pengeringan kelopak bunga rosella yang berdampak pada kualitas dan kapasitas produksi menjadi tidak maksimal. 

Melalui Program Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya Tahun 2023, Beauty Suestining Diyah Dewanti, ST, MT, PhD, bersama dengan Wendra Gandhatyasri Rohmah, STP, MP, Andan Linggar Rucitra, STP, MP, Dr. Mofit Jamroni, SPt, Msi, dan Adelya Desi Kurniawati, STP, MP, MSc, memberikan solusi tepat melalui teknologi tepat guna food dehydrator yang mudah diadopsi oleh UKM mitra. 
“Melalui fasilitasi food dehydrator ini kami harap proses produksi menjadi lebih efisien, sehingga produktivitas bisa meningkat dan kualitas produk lebih terjamin,” jelas Beauty selaku ketua tim. 

Dalam kegiatan ini juga melibatkan sejumlah mahasiswa dengan tujuan memberikan pengalaman nyata dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah kepada masyarakat.

“Harapan kami semoga dengan adanya kegiatan ini dapat semakin memotivasi Mas Arya selaku pemilik UMKM Anugerah Alam Wilis untuk mengembangkan usahanya dan menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing”, pungkas Beauty.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen UB Bina Pelaku UMKM Angkat Potensi Teh Bunga Rosela Jadi Produk Minuman Khas Lereng Wilis

Trending Now