Dewan Pakar Nasdem KH. Muzammil Syafi'i Dukung Mas Dion PKB Sebagai Calon Bupati Pasuruan 2024

04 September 2023 | 07.22 WIB Last Updated 2023-09-04T03:40:51Z
KH. Muzammil Syafi'i ( atas),  H. Sudiono Fauzan (bawah) 

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Hubungan hangat Nasdem dan PKB yang sampai pada Deklarasi Capres Cawapres Anies Muhaimin merambah kabupaten Pasuruan. Dalam sebuah pernyataan menarik, Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan periode 2003-2008, KH. Muzammil Syafi'i angkat bicara tentang ramainya pemberitaan seputar Ketua DPRD Pasuruan, HM. Sudiono Fauzan, yang digadang-gadang akan maju sebagai calon bupati pada Pemilihan Kepala Daerah Pasuruan tahun 2024 mendatang.

Melalui pesan WhatsApp (WA) seluler, Yai Muzammil memberikan dukungan terbuka untuk Mas Dion pada Minggu malam, 3 September 2024.

 "Ya baguslah dia. Dia berangkat dari bawah. Saya kira layak untuk nyalon bupati," ujar Muzammil.

Yai Muzammil juga mengungkapkan bahwa Sudiono adalah seorang kader yang pernah ia bimbing sejak awal kariernya dalam dunia politik. Bahkan, ketika Muzammil menjabat sebagai Wakil Bupati Pasuruan, ia sering mengajak Mas Dion untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Pun saat mantu, Mas Dion adalah pembawa acara.

"Dia kader ku dulu. Kemana mana tak tenteng," ucap Kyai Muzammil.

"Waktu aku mantu anak barep Dion yang jadi protokol MC acara," lanjut Kyai.

Politisi senior ini juga memberikan penilaian positif terhadap Sudiono, menggambarkannya sebagai sosok cerdas, baik, dan dekat dengan masyarakat. Menurutnya, karakteristik inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai pemimpin di masa depan. 

Kyai Muzammil juga menekankan bahwa latar belakang pendidikan Sudiono Fauzan yang mencakup pesantren dan pendidikan umum serta interaksinya dengan masyarakat akan menjadi bekal yang berharga sebagai calon pemimpin.

"Saya kira dia cukup cerdas dengan latar pendidikan pondok dan umum ditambah juga muasyarah (sosial) dengan masyarakat, saya lihat cukup dekat sebagai bekal calon pemimpin ke depan," jelasnya.

Sementara itu, hubungan dekat antara Muzammil dan Sudiono juga terlihat dalam sejarah mereka, baik secara emosional maupun melalui partai politik. Namun, saat ini, komunikasi keduanya terbatas karena mereka sudah bergabung dengan partai yang berbeda. Muzammil adalah anggota Nasdem dan Sudiono tetap setia pada PKB.

Soal dari legislatif menuju eksekutif Kyai Muzamil menyebut ada preseden.

"Saya dari ketua DPRD ke Wakil Bupati. Gus Irsyad dari Ketua DPRD jadi Bupati dan sekarang Ketua DPRD jadi Bupati," ujar Kyai Muzamil

Sudiono Fauzan, dalam wawancara terpisah, mengakui hubungan dekatnya dengan Kyai Muzammil. Ia menjelaskan bahwa Kyai Muzammil adalah salah satu dari tiga guru politiknya, bersama dengan KH Rodjil Gufron (mantan anggota DPR RI Fraksi PKB, almarhum), dan H. Misbahul Munir (Mantan Ketua DPRD Pasuruan).(ans)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dewan Pakar Nasdem KH. Muzammil Syafi'i Dukung Mas Dion PKB Sebagai Calon Bupati Pasuruan 2024

Trending Now