Bimtek Kurmer di MTsN 3 Ngawi, Bukan Sekedar Pelatihan

Admin JSN
21 September 2023 | 18.22 WIB Last Updated 2023-09-21T11:22:36Z


NGAWI | JATIMSATUNEWS.COM: Guru-guru MTs Negeri 3 atau "TSANNTHRE" Ngawi telah mengikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka dan penyusunan Projek Modul Projek yang pertengahan September 2023. Sebuah pengalaman berharga yang efek positifnya terus berlangsung hingga hari ini sebagai referensi up grade guru untuk terus melakukan sesuatu sesuai tuntutan kurmer. 

Diketahui BIMTEK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PENYUSUNAN PROJEK MODUL PROJEK sendiri telah digelar di Rumah Makan Hj. Maimun, Ngawi, pada tanggal 15 hingga 16 September 2023.

Acara prestisius tersebut dihadiri oleh Drs. Moh. Wahib, M.Pd selaku Kepala Kankemenag Kabupaten Ngawi, serta berbagai pihak penting lainnya, termasuk Kasi Pendma Pujianto, S.Ag, M.Pd.I,  Kamad, Ka TU MTsN 3 Ngawi, dan seluruh guru kelas 7, 8, dan 9 MTs Negeri 3 Ngawi.

"Acara Pembukaan di dahului  Menyanyikan Lagu Indonesua Raya, Hymne Madrasah dan Mars Madrasah serta  Do'a Pengantar Hajat oleh Ustadz M. Ghufron Mawardi, S.Ag guru mapel Bahasa Arab," jelas Ketua Panitia Maftuh. 

Memberikan keterangan,  Guru Maftuh menyebut bahwa dalam dua hari penuh, para guru dibekali dengan pengetahuan tentang Kurikulum Merdeka (Kurmer) yang terbaru. 

"Materi meliputi beragam aspek, seperti Madrasah Ramah Anak, Moderasi Beragama, Kebijakan dan Pengantar Implementasi Kurikulum Merdeka, hingga Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)," urainya.

Hari kedua tak kalah intens, dengan fokus pada Pembelajaran Kurmer yang mencakup Konten CP, TP, ATP, dan Modul Ajar. Guru-guru juga mendapatkan wawasan tentang Asesmen/Penilaian, serta Teori dan Best Practice P5-P2RA.

BIMTEK bertujuan untuk membekali guru MTs Negeri 3 Ngawi dengan pengetahuan terkini dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sesuai dengan Kurikulum Merdeka. "Acara diisi oleh sejumlah narasumber kompeten, termasuk Drs. M. Muslih, Ketua Pokjawas Kankemenag, Bapak Maftuh Arfani, M.Pd, Waka Akademik MTsN 3 Ngawi, dan Ibu Ani Nur'anul Muthohiroh, M.Pd.I, Fasilitator Nasional dan Pengawas Lapangan IKM," papar Waka Akademik Maftuh. 

Tak hanya di dalam ruangan, BIMTEK ini juga menggelar kegiatan lanjutan di madrasah, yang akan dipandu oleh Ketua Sub MGMP masing-masing mata pelajaran.

Puncak acara BIMTEK akan ditandai dengan penyusunan Modul Ajar dan Best Practice P5-P2RA yang akan disajikan dalam acara Panen Karya secara publik di madrasah. 

"BIMTEK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PENYUSUNAN PROJEK MODUL PROJEK ini bukan hanya sekadar pelatihan, tapi juga bagian integral dari Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) yang mendukung visi Dirjen GTK tentang Insan Madrasah yang hebat, bermartabat, mandiri, dan berprestasi. Acara ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam pengembangan pendidikan di MTs Negeri 3 Ngawi," urai Waka Akademik Maftuh pada JatimSatuNews Kamis,  21/9/2023.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bimtek Kurmer di MTsN 3 Ngawi, Bukan Sekedar Pelatihan

Trending Now