SANDANG SEBAGAI PELENGKAP KEBUTUHAN MANUSIA

Admin JSN
22 Agustus 2023 | 12.50 WIB Last Updated 2023-08-22T05:50:33Z
(Bagian 1)
Oleh: Y.P.B.Witatmoko

Artikel | JATIMSATUNEWS.COM: Selain makanan  (pangan) sebagai kebutuhan pokok (utama)  bagi manusia , sekarang giliran sandang (pakaian) sebagai pelengkap kebutuhan manusia . Makanan dan pakaian tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. 

Dalam praktik kehidupan sehari-hari manusia selalu berpakaian. Dalam pandangan kita berpakaian secara minimal atau tidak berpakaian itu bukan seharusnya. 

Lihatlah hewan-hewan yang ada di sekitar kita.  Walaupun mereka tidak berpakaian  tetapi sebagian besar mereka berbulu . Bulu- bulu tetsebut tumbuh dari dalam sehingga hewan terlindungi oleh bulu-bulunya. Selain melindungi tubuh hewan , bulu juga merupakan sebuah keindahan,  menjadi sebuah ekspresi bagi "diri" hewan itu sendiri.  Dalam dunia hewan  bulu-bulu yang indah menarik untuk dipandang dan dilihat. Bagi para pejantan,  hewan memiliki  bulu-bulu yang lebih menarik.  Candang ayam jago,  bulu pada leher seekor singa jantan. Bayangkan jika candang (bulu panjang ekor ayam jago), bulu-bulu  panjang pada leher seekor singa jantan itu dihilangkan,  maka hewan-hewan tersebut  akan terlihat kurang menarik  seolah-olah telah kehilangan keperkasaannya.  

Kita  bisa menyaksikan beberapa ekor domba yang baru dicukur bulu-bulunya.  Hewan-hewan itu akan kelihatan kedinginan dan kurang  menarik untuk dilihat. Coba  gundulilah kepala kucing anggora maka keagungan dan  keindahannya akan hilang. Atau  cabutlah bulu-bulu merak atau burung cendrawasih  yang jantan  maka keagungannya akan musnah. 

Bagi hewan perlindungan untuk tubuhnya dari alam berupa bulu-bulu yang tumbuh dari dalam tubuhnya.  Bagi manusia fungsi bulu sebagai  penutup tubuhnya digantikan oleh sandang atau . anak yang dikenakan atau dipakainya. 

Sandang bagi makanan memiliki fungsi sebagai penutup tubuh,  melindungi diri,  menjaga kesehatan tubuhnya,  sebagai keindahan dan keluhuran.  

(22 Agustus 2023)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SANDANG SEBAGAI PELENGKAP KEBUTUHAN MANUSIA

Trending Now