Mranggon-Lawang Sebagai Sentra Bawang Merah, Mahasiswa KKN UPM Ubah Kulit Bawang Jadi Pupuk Organik Cair dan Pestisida Nabati

Eko Rudianto
30 Agustus 2023 | 19.59 WIB Last Updated 2023-08-30T12:59:59Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Petani menjadi profesi mayoritas pada Desa Mrangon Kecamatan Lawang, memiliki Jumlah penduduk mencapai 2.816 Jiwa dengan luas total wilayah mencapai 3.991 m2, dijumpai sebanyak 975 kepala keluarga di Desa Mranggon Lawang mayoritas berprofesi sebagai petani. Desa Mranggon Lawang dikenal sebagai sentra bawang merah karena bawang merah di desa ini memiliki cita rasa yang unik dan aroma yang khas. Banyaknya penduduk yang berprofesi sebagai petani bawang merah maka limbah kulit bawang merah di Desa Mranggon Lawang turut bertambah.

​Bertambahnya limbah kulit bawang merah akan semakin meningkatkan pencemaran udara. Melihat permasalahan ini, mahasiswa KKN UPM berinisiatif untuk mengubah limbah kulit bawang merah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai tambah sehingga selain mengurangi tingkat pencemaran udara juga dapat menambah penghasilan masyarakat Desa Mranggon Lawang.

​Ide ‘ubah kulit bawang merah sebagai pupuk organik cair dan pestisida’ merupakan suatu inisiatif yang dikembangkan oleh mahasiswa KKN UPM Desa Mranggon Lawang. Melihat subsidi pupuk yang semakin dibatasi maka Kepala Desa Mranggon Lawang menerima dengan senang hati inovasi tersebut.

“Masyarakat Desa Mranggon Lawang saat ini memang sedang kesulitan dalam memperoleh pupuk subsidi. Petani disini juga masih belum mengenal dan mengetahui cara pembuatan pupuk organik tersebut. Ajak saja para pemuda karang taruna untuk membuat pupuk dan pestisida tersebut agar dapat dipraktikkan langsung karena mereka memiliki pemikiran yang terbuka.” Ungkap Kepala Desa Mranggon Lawang, Sugeng Harianto, S.E, pada 10 Agustus 2023 di Balai Desa Mranggon Lawang.

Tanggal 14 Agustus 2023, mahasiswa KKN UPM Desa Mranggon Lawang melakukan penyuluhan terkait teknik pembuatan Pupuk Organik Cair dan Pestisida Nabati di Balai Desa Mranggon Lawang dengan merangkul pemuda karang taruna sebagai audiens dan mengajak serta dosen Fakultas Pertanian sebagai pemateri.

“Disepanjang jalan Mranggon Lawang dapat dijumpai dan ditebak bahwa masyarakat desa ini merupakan sentra bawang merah. Tak disangka bahwa kulit bawang di rumah yang menumpuk ternyata dapat diubah menjadi uang, bukan?" Ujar Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Panca Marga, Aprilia Hartanti, pada 14 Agustus 2023.

Selain pemaparan materi yang disampaikan oleh dosen Fakultas Pertanian, dilakukan juga praktik langsung oleh mahasiswaa KKN UPM yang berasal dari Fakultas Pertanian untuk pembuatan pupuk organik cair.

Melihat antusiasme audiens pada saat pembuatan pupuk organik cair maka mahasiswa KKN UPM di Desa Mranggon Lawang berharap hal tersebut dapat terus dikembangkan oleh masyarakat sekitar untuk menambah penghasilan dan harapannya dapat terus dipraktikkan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mranggon-Lawang Sebagai Sentra Bawang Merah, Mahasiswa KKN UPM Ubah Kulit Bawang Jadi Pupuk Organik Cair dan Pestisida Nabati

Trending Now