Kirab Ancak Wujud Syukur Warga Ranuklindungan Grati

Admin JSN
13 Agustus 2023 | 23.19 WIB Last Updated 2023-08-14T23:32:11Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM:
Tumplek bek, masyarakat Grati memenuhi ruas jalan Desa Ranuklindungan Kecamatan Grati dalam kegiatan selamatan desa yang digelar oleh pemerintah desa dan elemen masyarakat desa Ranuklindungan, Minggu (13/8).

Acara selamatan desa tersebut dikemas dengan kegiatan kirab ancak yang dilakukan dengan menyusun buah dan sayur-mayur dengan aneka bentuk, di tata diatas kendaraan yang kemudian di kirab dari objek wisata Danau Ranu menuju ke Pendopo Desa Ranuklindungan.

Tujuannya, selain untuk melestarikan budaya juga sebagai wujud syukur dan memohon keselamatan bagi warga Ranuklindungan sekaligus peringatan tahun baru Islam, dikenal suroan bulan Muharram pada kalender Hijriyah.

Berlangsung dari pukul 13.00 s/d 17.00 wib, Pemerintah desa Ranuklindungan tema Nyawiji memetri lestarining budaya kanthi guyub rukun, minangka jatidihirining warga Desa Ranuklindungan, yang artinya mempersatukan warga desa ranuklindungan untuk melestarikan budaya guyub rukun merawat kebersamaan demi Ranuklindungan yang lebih bagus.

Di awal Kirab, masyarakat disuguhi aneka kreasi seni dan budaya nusantara yang menampilkan tarian-tarian, patung ogoh-ogoh Bali, dan lain-lain, Ada pula carnival costume lucu dan menarik kreasi warga Ranuklindungan yang semakin menambah antusiasme masyarakat untuk datang ke kirab ini. Selain itu, disaat finis, ancak yang berisi buah dan sayar tersebut akan diperebutkan oleh warga yang hadir menyaksikan selamatan desa tersebut.

Merupakan sebuah tradisi ritual tahunan bentuk syukur dan keselamatan warga, acara tersebut melibatkan beberapa tokoh desa, tokoh agama, instansi kepemerintahan desa, jajaran Muspika Kecamatan Grati dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di desa Ranuklindungan.


Sementara itu, Sekretaris Desa Ranuklindungan Riyono, S.Pd menyampaikan dihadapan peserta kirab ancak bahwa kegiatan karnaval kirab ancak merupakan bentuk peringatan tahun Baru Islam, bulan Muharram sekaligus moment Selamatan Desa.

"Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh warga Desa Ranuklindungan.
Pelaksanaan karnaval ini merupakan bentuk selamatan desa sekaligus peringatan Tahun Baru Muharrom 1445H. Semoga ini nanti menjadi acara yg berhasil, semua peserta karnaval diberikan sehat dan keselamatan selama perjalanan", ucap Riyono

Adanya kirab ancak yang dilaksanakan tersebut menuai harapan Pemdes Ranuklindungan agar terus dilaksanakan tiap tahunnya.

"Adanya kirab ancak ini, kami selaku pemerintah desa Ranuklindungan bisa terus dilaksanakan dan melestarikan kearifan lokal desa dan untuk wawasan bagi generasi selanjutnya di Desa Ranuklindungan", sambung sekdes Riyono.

Ikut memeriahkan kegiatan selamatan desa, panitia pelaksana tidak luput mengundang jajaran Muspika Kecamatan Grati, diantarannya Camat Grati H. Muhammad Hilmi, S.Pd, M.Pd, Kapolsek dan Koramil Kecamatan Grati.

Melihat suksesnya acara kirab ancak selamatam desa Ranuklindungan, Camat Hilmi menyampaikan selamat atas terlaksannya kegiatan tersebut.
"Selamat dan sukses atas terlaksananya selamatan desa Ranuklindungan, mudah-mudahan nanti bisa berlanjut dan saya harap kedepannya semua RT dan RW di Ranuklindungan bisa ikut berpartisipasi, sehingga pelaksanaan selanatan desa ini sesuai dengan keinginan masyarakat", tuturnya

"Dan harapan saya, mudah-mudahan dari kegiatan ini semua masyarakat tidak lupa dari sejarah, tidak melupakan yang sudah menjadi tradisi dari nenek moyang kita", tutup camat Grati. (Ang)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kirab Ancak Wujud Syukur Warga Ranuklindungan Grati

Trending Now