KESEHATAN DAN NILAI-NILAI

Admin JSN
03 Agustus 2023 | 12.30 WIB Last Updated 2023-08-03T05:30:30Z
Oleh: Y.P.B.Wiratmoko)

Artikel | JATIMSATUNEWS.COM: Kesehatan dalam tingkat-tingkat perjalanan hidup manusia tetap memiliki fungsi yang tidak hanya melaksanakan nilai-nilai duniawi semata tetapi juga untuk melaksanakan nilai-nilai moral atau keagamaannya. 

Walaupun tetap diusahakan terus-menerus pada kenyataannya kesehatan akhirnya tidak bisa dipertahankan. Puncak dari tidak bisanya dipertahankan kesehatan manusia adalah terjadinya proses kematian. 

Kematian adalah proses hidup duniawi yang harus dialami oleh semua makhluk hidup termasuk manusia yang tumbuh, berkembang dan bersusut habis. Dengan kata lain kesehatan berfungsi sebagai pertahanan hidup dan juga perlu disadari bahwa suatu saat pertahanan itu pasti gagal. 

Tanpa nilai moral keagamaan hidup manusia hanyalah kegilaan belaka. Tetapi tidaklah bagi orang-orang yang memiliki nilai moral keagamaan. Kegagalan kesehatan yang memuncak dan menjadikan  penyebab utama manusia mengalami mati, di situ jika manusia meninggal dunia dalam rahmat Tuhan, maka puncak kegagalan manusia itu akan berbalik menjadi kemenangan tertinggi bagi manusia. 

Kematian fisik mengantar kehidupan kekal bagi jiwa. Di situ akan nampak jelas bahwa soal kesehatan ternyata turut menempati yang terdalam dari hidup manusia. Selama masih bisa bertahan manusia ingin tetap hidup sehat jasmani-rohani. 


[3 Agustus 2023]
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KESEHATAN DAN NILAI-NILAI

Trending Now