Kadisdik Jatim Aris Agung Hadiri Expo Eduwisata di Gudang Oksigen Milik SMKN 1 Pujon Malang

24 Agustus 2023 | 21.45 WIB Last Updated 2023-08-24T21:01:18Z
Expo Eduwisata di laboratorium alam milik SMKN 1 Pujon, Gudang Oksigen 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM:Pagi berselimut dingin di kota kecil Pujon, tepatnya di dusun Tawangsari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Telah berlangsung sebuah expo yang diselenggarakan oleh SMKN 1 Pujon, Kamis 24/8/2023.

Bukan sembarang expo akan tetapi sebuah Expo Eduwisata di laboratorium alam milik SMKN 1 Pujon yang terkenal dengan nama Gudang Oksigen pada tahun 2023. Sebuah tempat yang terletak di antara pepohonan hutan dusun Ngebrong desa Tawangsari Pujon. 

Acara dikemas meriah, menjadi momentum penting dalam memperkenalkan potensi pendidikan SMK dengan kemandirian yang siap terjun di dunia kerja bagi siswanya di wilayah Kabupaten Malang kepada masyarakat luas.

Menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan, Kadisdik Provinsi Jatim Aris Agung Paewai, membuka acara sekaligus memberi sambutan. Menyebut bahwa lulusan SMA atau SMK memiliki tantangan bersaing masuk perguruan tinggi dan bersaing di dunia kerja.

"Jiwa Enterprenurenya harus tumbuh. Maka di tempat ini, dengan pola- pola seperti ini mereka sudah bisa untuk bersaing mulai dini dengan mengajarkan mereka untuk mandiri adalah pola pendidikan yang sangat baik, " ujar Kadisdik Aris Agung. 

Menjelaskan kondisi Gudang Oksigen, Kepala Cabang Dinas Kabupaten Malang, Anny Saulina menyebut bahwa Gudang Oksigen sejak 2017 dikembangkan sebagai laboratorium terpadu.

"Karena sudah ada di SMKN 1 pujon. Kami bergerak untuk menghidupkan kembali. Hari ini kita bergerak bersama, kolaborasi dengan perhutani, Kades dan Pemdes juga, berharap sinergitas. Kegiatan pembelajaran yang sifatnya outdoor bisa dilaksanakan disini," tutur Kacabdin. 

 Suasana penuh semangat nampak sejak pukul 07.30 pagi, dimulai dengan registrasi peserta dan tari Bali yang memukau. Selanjutnya para peserta diajak berkeliling area Eduwisata Gudang Oksigen oleh pemandu wisata dan Kepala SMKN 1 Pujon Lasmono. 

Usai acara resmi dibuka oleh Kadisdik serta sambutan-sambutan baik dari Kacabdin maupun Kades Tawangsari, acara diwarnai pula dengan pemberian santunan secara simbolis pada anak asuh sebelum  ditutup dengan meriah dalam suasana ramah tamah.

Dihadiri pula oleh Kepala SMA dan SMK se-kabupaten Malang Eduwisata Gudang Oksigen SMKN 1 Pujon telah memberikan wawasan yang tak ternilai kepada semua peserta. 

"Kami banyak belajar dari Gudang Oksigen ini. Laboratorium asik juga untuk healing rekreasi," ujar Kepala SMAN 1 Gondanglegi Erna Kartika yang telah hadir sejak sebelum pukul 07.00 pagi. 

Senada,  Ketua MKKS Sugeng, Kepala SMAN 1 Kepanjen menyebut acara Expo Eduwisata ini luar biasa berkesan.

"Memberikan inspirasi untuk kolaborasi mengadakan laboratorium pembelajaran sinergi antara pendidikan, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk manfaat yang lebih luas. Gudang Oksigen tidak hanya bermanfaat sebagai laboratorium sekolah namun juga menjadi destinasi menarik yang memberi manfaat ekonomi pada masyarakat sekitar, " ujar Ketua MKKS Sugeng didampingi pengurus dan Kepala Sekolah yang turut hadir, antara lain KS SMAN 1 Lawang Abdul Teddy, KS SMAN 1 Turen Eny Retno Diwati,   KS SMAN 1 Bululawang Hari Kusrini, KS SMAN 1 Dampit Syarifah, dan beberapa yang lain.(ans)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kadisdik Jatim Aris Agung Hadiri Expo Eduwisata di Gudang Oksigen Milik SMKN 1 Pujon Malang

Trending Now