Gebyar Sholawat di Rangkaian Sedekah Bumi di Desa Pronojiwo

Admin JSN
15 Agustus 2023 | 22.11 WIB Last Updated 2023-08-15T15:21:16Z
Kepala Desa (Jas hijau) di Dalam Penampilan Majelis Sholawat Tombo Ati, Dusun Supit, Desa Pronojiwo.
LUMAJANG | JATIMSATUNEWS.COM: Rangkaian kegiatan bersih desa atau sedekah bumi umumnya bersisi susunan acara seperti kirab gunungan, karnaval, dan juga kegiatan pengajian. Lalu puncaknya acara pagelaran wayang kulit. Segala kegiatan keagamaan khususnya Islam, umumnya akan terlaksana diwaktu yang sama dengan acara pengajian umum. Akan tetapi salah satu desa di Jawa Timur ini memiliki susunan kegiatan yang agak berbeda, dengan acara sedekah bumi pada umumnya.

Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang adalah bagian dari Provinsi Jawa Timur yang memiliki acara sedikit berbeda itu. Gebyar selawat pada umumnya di selenggarakan oleh pemerintah desa, atau suatu instansi, pada momen-momen tertentu. Seperti halnya tanggal satu Muharram, santunan anak yatim, Maulid Nabi, atau pun hari penting lainnya. 

Murdiono, kepala Desa Pronojiwo saat diwawancarai tim media Jatimsatu News mengenai motivasinya mengadakan acara gebyar selawat di acara ini, langsung memberikan penjelasan. Tepat saat  acara sedang berlangsung, dan juga masih dari atas panggung yang sama, dengan diselenggarakannya acara gebyar selawat. 
“Motivasinya ini ya untuk kerukunan, kebersamaan, kebaikan, dan gotong royong. Pokoknya biar rukun,” ucap purnawirawan yang kini menjadi kepala Desa Pronojiwo itu 

Diselenggarakan pada hari Selasa, 15 Agustus 2023 Gebyar selawat yang masih bagian dari kegiatan bersih desa , atau sedekah bumi ini menampilkan 9 grup hadrah atau kelompok selawat. Di mana semua grup ini merupakan kelompok selawat yang berasal dari Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo. 

Berikut daftar grup selawat yang ikut menyemarakkan gebyar selawat di Desa Pronojiwo. 
1.Al Hidayah, Dusun Kali Bening,  yang dipimpin H. Totok. 
2.Darul Mustofa, Dusun Kalibening yang dipimpin oleh Pak Rohim. 
3. Tombo Ati, Dusun Supit, dipimpin oleh Bapak Ngadiono. 
4.Sunan Kalibening, Dusun Darungan, dipimpin oleh Bapak Didik. 
5.An Nurjannah, Dusun Tulungagungan, dipimpin oleh Slamet. 
6.Al Munawariah, Dusun Rowobaung, ketua Bapak Dani. 
7.Majelis Ibadurrohim, Dusun Darungan, diketuai Bapak Rusdi. 
8.Ibadurrahman, Dusun Kalibening, diketuai oleh Bapak Dodik. 
9.Darus Sholihin, Dusun Tulungagung, ketua Bapak Sukri.

Acara gebyar selawat yang dimeriahkan oleh talenta asli Desa Pronojiwo. Diketuai oleh bapak Mulyono yang memimpin acara bersih desa untuk seksi acara keagamaan, acara ini menunjukkan antusias yang tinggi bagi para jemaah. 

Pasalnya tim hadrah yang tampil,vmulai dari perkusi hingga backing vocal, diisi oleh para kaum adam dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Meskipun acara ini selawatan, namun beberapa tim hadrah juga membawakan lagu daerah dan juga kebangsaan. Acara yang menyediakan konsumsi mulai dari makanan ringan- hingga makanan berat berupa rawon hingga bakso ini. Pada puncaknya juga memberikan dana pembinaan pada seluruh tim hadrah. Di mana jumlahnya tidak sebutkan, dan diserahkan dalam bentuk amplop. 

Oleh: Hendrini Esvi Wastiti

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gebyar Sholawat di Rangkaian Sedekah Bumi di Desa Pronojiwo

Trending Now