Pelatihan Pembuatan Foto Produk Menggunakan Smartphone Android Untuk Program UMKM

17 Juli 2023 | 06.32 WIB Last Updated 2023-07-17T01:26:31Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Pelatihan Fotografi Produk Menggunakan Smartphone Untuk UMKM Kuliner di SETC Sampoerna UKM telah memberikan kontribusi yang besar dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pemberdayaan dan pengembangan yang berkelanjutan perlu dilakukan agar UKM tidak hanya tumbuh dari aspek jumlah saja, tetapi juga dalam aspek kualitas dan daya saing produk beserta brandnya. Salah satu pembentuk daya saing dari sebuah brand UKM adalah bagaimana brand tersebut terekam dalam foto produk, yang biasanya dipajang dalam etalase digital di media sosial berupa Instagram, Facebook,Tok Tok,Snack Video ataupun marketplace lainnya.

"Fotografi merupakan media seni yang memiliki kelebihan tersendiri dibanding media seni lainnya. Foto dapat kita gunakan untuk membuat sesuatu yang tadinya biasa saja menjadi sebuah karya visual yang berbeda dan menarik. Fotografi juga memperhatikan berbagai hal seperti aspek teknis dan dukungan peralatan, yang juga diperkaya dengan adanya ekspresi, makna serta fungsi,"Pungkasnya Irfanudin Rizaki.

Salah satu fungsi dari fotografi adalah meningkatkan penjualan, yang diimplementasikan oleh produk fotografi. Produk Fotografi sendiri merupakan salah satu senjata utama bagi para brand UKM untuk berjualan di toko online, media sosial, atau marketplace. Karena, untuk memenangkan persaingan pada bisnis online, setiap merek harus berbeda dari yang lain. Jika satu merek tidak memiliki ciri khas atau fotografi produk yang menarik, kemungkinan besar pembeli tidak akan tertarik membeli produknya sehingga khawatir penjual tersebut akan menggulung tikar.

kebanyakan para konsumen mengetahui tentang suatu produk, berdasarkan foto produk tersebut, bukan dari deskripsi atau  caption yang ada di dalam media sosial brand tersebut. Hal ini diakibatkan oleh kecenderungan manusia yang lebih cepat menerima informasi dalam bentuk visual, terutama dalam bentuk foto. Bahkan, 80% penjualan suatu produk terjadi karena pengaruh dari foto produk tersebut. Ini membuktikan bahwa foto produk yang baik dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang dijual. Sebuah produk yang seharusnya mahal bisa menjadi tampak murahan di mata konsumen akibat foto produk yang buruk. Sebaliknya, dengan foto produk yang baik, konsumen dapat berpendapat bahwa produk tersebut mempunyai harga yang tinggi dan berkelas, meskipun sebenarnya harga produk tersebut lebih murah.

Semua teknik foto produk tersebut membutuhkan pemahaman teknik yang khusus, tetapi dapat dipelajari dengan seksama, menggunakan benda dan peralatan yang mudah didapatkan serta digunakan oleh para pemilik merek, termasuk pelaku UKM. Salah satu peralatan yang mudah digunakan oleh pelaku UKM tersebut untuk membuat foto produk adalah smartphone. Dengan pengetahuan teknik yang tepat, maka dengan peralatan yang sederhana pun foto produk dapat dibuat.(edr)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelatihan Pembuatan Foto Produk Menggunakan Smartphone Android Untuk Program UMKM

Trending Now