Museum Reenactor Sukses Tampilkan Teatrikal Seragam Umum Kota Malang Di Event Djoeang Fest

29 Juli 2023 | 06.08 WIB Last Updated 2023-07-28T23:09:15Z







Malang, 22 Juli 2023 - Museum Reenactor sukses menggelar Teatrikal Reka Ulang Sejarahdi Event Djoeang Fest, yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Prodi Ilmu KomunikasiUniversitas Muhammadiyah Malang yang berkolaborasi dengan Museum Reenactor Malang.Djoeang Fest ini merupakan festival bertemakan konsep Tempoe Doeloe lengkap denganstand kuliner tradisionalnya yang diselenggarakan selama dua malam di tanggal 21 sampai 22juli 2023 di Museum Reenactor.. Pada kesempatan inilah Museum Reenactor inginmengenalkan keunikannya untuk mengedukasi masyarakat tentang sejarah dengan melakukanteatrikal reka ulang sejarah. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa lebih tertarik belajarsejarah tanpa harus merasa bosan.




Pada saat teatrikal reka ulang dimulai, para pasukan yang diperankan oleh anggota reenactormembuka dengan sebuah tembakan menggunakan replika senjata yang sudah diisi beberapapetasan yang siap diledakkan setiap kali pelatuk ditarik. Beberapa anggota yang berperansebagai tentara belanda mulai menyerang dan menembak tentara indonesia. Hingga akhirnyapasukan Indonesia merangsek dengan menahan sakit. Walaupun telah banyak diserang olehpasukan belanda, pada akhirnya yang menang tetaplah pasukan dari Indonesia. Adanyapertunjukan yang interaktif tersebut, membuat masyarakat menjadi antusias menyaksikanteatrikal yang dibawakan oleh anggota reenactor ini. Beberapa adegan diambil dari sejarahyang berada di Malang.




Dalam reka ulang adegan “Serangan Umum Kota Malang”, para anggota reenactormengambil masing-masing perannya. Menurut Eko Irawan sebagai ketua reenactormenyampaikan bahwa “Kami membawakan teatrikal ini, agar masyarakat lebih mengetahuidan bisa mengenang sejarah yang ada di malang sehingga menimbulkan rasa nasionalismedan patriotisme” ujarnya (22/7). Lalu, dilanjutkan dengan salah satu anggota reenactor jugaikut menyambung “memang konsepnya ini anggota reenactor melakukan adeganpenghalauan tentara belanda yang ingin menguasai wilayah malang” Tutur anggota yang ikutberpartisipasi di teatrikal tersebut (22/7). Para anggota Reenactor sebelumnya sudahmelakukan banyak persiapan agar teatrikal yang disajikan saat pertunjukan bisa seakan-akanmembawa penonton juga ikut merasakan suasana nostalgia sejarah malang saat itu, teatrikaltersebut berlangsung sekitar satu jam dan sajikan dengan sangat apik serta mendapat antusiasyang tinggi dari warga yang menyaksikan.(ans)

.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Museum Reenactor Sukses Tampilkan Teatrikal Seragam Umum Kota Malang Di Event Djoeang Fest

Trending Now