Kemenag Kabupaten Pasuruan Raih Gelar Juara Ajang Penyuluh Agama Award 2023

13 Juli 2023 | 13.45 WIB Last Updated 2023-07-14T05:46:00Z
PENYULUH AGAMA AWARD 2023
PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Ajang kompetisi bergengsi Pemilihan Penyuluh Agama Teladan PENYULUH AGAMA AWARD 2023 kembali mempertontonkan pesona para penyuluh agama terbaik di Provinsi Jawa Timur.

Pada Rabu, 12 Juli 2023, Gedung Barat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menjadi saksi kehebatan 21 peserta terbaik yang berhasil melaju ke babak selanjutnya.

Dari sejumlah 92 peserta pendaftar yang melengkapi administrasi portofolio, Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan menunjukkan dominasinya dengan berhasil meloloskan 2 peserta terbaiknya. Dalam kompetisi yang terdiri dari 7 kategori tema yang dilombakan, Kemenag Kabupaten Pasuruan meraih gelar juara pada 2 kategori yang bergengsi.

Sorotan pertama jatuh pada Admiral Dicky Fahrurrizal, seorang Penyuluh Agama Islam dari Kecamatan Purwosari, yang berhasil menyabet gelar juara pertama bidang Penyuluhan Pendampingan Kelompok Rentan, khususnya anak jalanan, anak punk, dan kaum homoseksual. Keberhasilannya dalam memberikan bimbingan dan pendampingan kepada kelompok-kelompok rentan tersebut diakui sebagai kontribusi luar biasa dalam memperbaiki kondisi sosial di Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, gelar juara kedua dipersembahkan oleh Ustadz Ahmad Zaimul Umam, Penyuluh Agama Islam dari Kecamatan Prigen. Ia berhasil meraih penghargaan dalam bidang Bimbingan Literasi Alqur'an di komunitas lokalisasi prostitusi Tretes, Kecamatan Prigen. Keberhasilan Ustadz Ahmad dalam membina dan memperkuat keimanan serta kecintaan masyarakat terhadap Alqur'an di tengah tantangan yang kompleks diakui sebagai prestasi yang luar biasa.

Rangkaian acara berlangsung hingga pukul 19.00 WIB dan ditutup secara resmi oleh Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Husnul Marom. Dalam sambutannya, Bapak Kepala Kantor Wilayah menekankan pentingnya peran Penyuluh Agama dalam menyampaikan pesan-pesan Kementerian Agama kepada masyarakat dengan cepat dan akurat. Terlebih lagi, mengingat pelaksanaan ibadah haji yang sedang berlangsung pada bulan ini.

"Alhamdulillah, pelaksanaan ibadah haji tahun ini berlangsung dengan baik, dan para petugas haji juga telah melayani jama'ah haji dengan baik. Terutama dalam memberikan pelayanan maksimal dan perhatian kepada jama'ah yang berusia lanjut," tambah beliau.

Pemilihan Penyuluh Award 2023 tidak hanya memberikan pengakuan kepada para penyuluh agama terbaik, tetapi juga menjadi panggung inspiratif bagi semua pihak untuk terus berupaya meningkatkan peran dan kontribusi dalam memajukan pendidikan agama dan sosial di Provinsi Jawa Timur. ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemenag Kabupaten Pasuruan Raih Gelar Juara Ajang Penyuluh Agama Award 2023

Trending Now