Dua Siswa Baru SMAN 1 Gondanglegi Ikuti MPLS 2023 Jawa Timur di Komando Armada II Surabaya

Admin JSN
19 Juli 2023 | 10.33 WIB Last Updated 2023-07-19T03:33:24Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bukan hal asing lagi di telinga. Namun, kali ini sedikit berbeda pada MPLS pada umumnya. Komando Armada 2 yang bermarkas di Dermaga Madura Ujung, Semampir, 
Surabaya mengadakan MPLS di markas tersebut pada 17-18 Juli 2023. MPLS yang diikuti oleh 2 perwakilan siswa siswa baru pada masing-masing SMA/SMK Se-Jawa Timur ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indra Parawansa. 

Pada kesempatan kali ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak Adhy Karyono. Upacara Pembukaan  MPLS diikuti sebanyak 849 perwakilan siswa  SMA kelas X se-Jawa Timur dihadiri pula oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah yang diwakili oleh Kaskoarmada II Laksma TNI Andi Abdul Aziz, S.E., M.M.

Para peserta dari seluruh penjuru Jawa Timur mulai berdatangan sejak Minggu pagi, 16 Julli 2023. Tak terkecuali 2 perwakilan  siswa baru kelas X SMAN 1 Gondanglegi, Amelya Cahyatussholiha dan Faishal Nabil Al Fauza Putra. Amel dan Faishal sapaan mereka, mengaku antusias dengan diberikannya kesempatan oleh SMAN 1 Gondanglegi kepada mereka untuk mengikuti kegiatan ini. 
“Kami sangat bangga, tentunya atas kesempatan yang tidak datang dua kali ini,” ujar Amel dan Faishal saat ditemui Tim Humas SMAN 1 Gondanglegi pada Selasa, 18 Juli 2023 saat penjemputan oleh Wakil Kepala SMAN 1 Gondanglegi bidang humas.

Afifudin Nifiati, S.Pd. Pak Afif, sapaan beliau, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini diharapkan selalu ada guna membentuk pribadi siswa lebih baik lagi, selain MPLS yang diadakan sekolah masing-masing tentunya. “Ya, sangat bagus. Semoga selalu ada setiap tahunnya,” ujar beliau.

MPLS yang digelar di Indoor Sport Koarmada II Surabaya ini mengusung tema “Mengembangkan Potensi Siswa Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”. 

Dengan rangkaian kegiatan, mulai pemberian materi mengenai wawasan kebangsaan, toleransi, bela negara, outbound, pentas seni, renungan malam, latihan PBB, dan olahraga Bersama, diharapkan mampu membentuk jiwa pelajar Pancasila pada seluruh siswa baru. Selain untuk membentuk jiwa pelajar Pancasila MPLS yang diadakan di Koarmada II Surabaya ini juga bertujuan untuk membentuk sikap bela negara, serta disiplin dan menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada siswa sejak dini. 

Dua siswa baru kelas X perwakilan SMAN 1 Gondanglegi, Amel dan Faishal mengaku sangat banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga setelah mengikuti MPLS Ddi Koarmada II Surabaya ini. Selain itu, mereka mengaku pula telah mendapat banyak teman baru dari seluruh penjuru Jawa Timur. Merka berharap semoga apa yang mereka dapat bisa mereka amalkan di kehidupan sehari-hari terutama di SMAN 1 Gondanglegi.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dua Siswa Baru SMAN 1 Gondanglegi Ikuti MPLS 2023 Jawa Timur di Komando Armada II Surabaya

Trending Now