BPS Kab. Malang Gelar Pelatihan Petugas Pengolahan Sensus Pertanian 2023

Eko Rudianto
06 Juli 2023 | 16.58 WIB Last Updated 2023-07-06T09:58:59Z

 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Dalam rangka untuk persiapan pengolahan dokumen ST2023, Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang menyelenggarakan Pelatihan Petugas Pengolahan Sensus Pertanian 2023 atau yang dikenal sebagai ST2023 yang akan diselenggarakan pada Rabu-Kamis 5-6 Juli 2023 bertempat di Hotel Tidar, Hotel Shanaya dan Hotel El. Acara yang diikuti oleh 455 peserta yang terbagi dalam 2 sesi pada 3 lokasi hotel yang berbeda dengan perhotel 2 ruangan tersebut, memiliki persyaratan untuk mengikutinya. Selain rangkaian tes yang panjang untuk lolos menjadi petugas pengolahan data sensus pertanian 2023 ada juga catatan untuk bisa mengikuti pelatihan petugas pengelolahan sensus pertanian 2023.

Antara lain catatan tersebuat adalah peserta petugas entry diwajibkan membawa laptop dengan spesifikasi minimal windows 7, Processor Intel Pentium VI kecepatan processor 1,4 GHz, Ram 2Gb, rang Hardisk tersisa minimal 1 Gb Semua peserta pelatihan petugas pengolahan diwajibkan membawa hardcopy surat lamaran pekerjaan,fotokopi KTP dan Fotokopi ljazah atau surat kelulusan terakhirserta surat pernyataan tidak terikat kontrak. Semua peserta pelatihan petugas pengolahan membawa no rekening bank atas nama sendiri dipakai untuk keperluan transfer biaya transport dan uang harian pelatihan. 

Dimulai pada pukul 08.00-17.00 WIB acara terdiri dari Penjelasan Tata Cara Entri Dokumen ST2023-L1.UTP, Penjelasan Tata Cara Entri Dokumen ST2023-L2.UTP, Penjelasan Tata Cara Penggunaan Aplikasi SIPMEN, setta Praktikum Entry Dokumen yang dibimbing oleh Pengawas, Operator Entry, Petugas Receiving Batching. Dilanjutkan ishoma dan disusul mater selanjutnya yakni Penjelasan Tata Cara Editing Coding Dokumen ST2023-L1.UTP, Penjelasan Tata Cara Editing Coding Dokumen ST2023-L2.UTP, Penjelasan Tata Cara Editing Coding Dokumen ST2023-L2.UTP Lanjutan, Praktikum Editing Coding yang dibimbing oleh Pengawas dan Operator Entry. 

Dalam acara pembukaan dilakukan secara hybrid di Hotel masing-masing sehingga terdapat 6 room yang tergabung. Dalam sambutannya Kepala BPS Kabupaten Malang Ir. Surya Astuti, MM menyampaikan latarbelakang dan prinsip kerja kegiatan Sensus Pelatihan Pengolahan Sensus Pertanian 2023. 

"kegiatan pengelolahan data ini merupakan lanjutan dari kegiatan sensus lapangan yang dilaksanakan seluruh wilayah di Indonesia, hal ini mengikuti skema dan aturan yang telah berlaku. Selanjutnya, kegiatan pengelolahan tidak boleh mengurangi kualitas data BPS Kabupaten Malang" ujar Astuti. 

Selain itu Astuti juga berpesan agar masing-masing petugas untuk saling bekerjasama dalam menjalankan tugas. 

"Ketiga petugas yang terdiri dari Receving Batching, Editing Coding serta Entry data harus bekerjasama dan bersinergi" Lanjut Astuti.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPS Kab. Malang Gelar Pelatihan Petugas Pengolahan Sensus Pertanian 2023

Trending Now