Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Ikut Berperan dalam Menciptakan SOP untuk Efektivitas Proses Bisnis: Fokus pada Produk Greenhouse dan hydroponic

Admin JSN
13 Juni 2023 | 17.17 WIB Last Updated 2023-06-13T13:15:28Z

Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Ikut Berperan dalam Menciptakan SOP untuk Efektivitas Proses Bisnis: Fokus pada Produk Greenhouse dan hydroponic
Dokumentasi oleh : Yanti Grace Hutasoit

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Produk Greenhouse dan Hydroponic oleh PT Inamas Sintesis Teknologi
Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) memberikan solusi bagi mahasiswa untuk dapat mengeksplorasi minat mereka, memperluas jaringan dan mendapatkan pengalamana nyata di dunia kerja. Program ini menjadi jalan alternatif yang berharga bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk tantangan dan peluang di masa depan.

Yanti Grace Hutasoit, salah satu mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur berkesempatan mengikuti kegiatan MBKM di PT Inamas Sintesis Teknologi, sebuah perusahaan terkemuka dalam inovasi pertanian. Ia bekerja sama dengan tim pengembangan untuk mengidentifikasi peluang pasar, menjalin kemitraan dengan mitra potensial, serta melakukan analisis pasar untuk produk-produk inovatif perusahaan, seperti greenhouse dan sistem hydroponic.

Pengembangan SOP baru di sektor bisnis telah menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan efektivitas dan keamanan dalam proses operasional. Yanti Grace Hutasoit, telah berpartisipasi aktif dalam pengembangan SOP ini dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja dan keamanan bisnis yang berfokus pada penggunaan greenhouse dan hydroponic.

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah panduan yang terstandardisasi untuk menjalankan aktivitas bisnis dengan cara yang efisien, konsisten, dan aman. Peluncuran SOP baru ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi risiko kesalahan, dan mencapai tingkat keamanan yang lebih tinggi dalam proses bisnis.
Dokumentasi: Pengembangan Dokumen SOP, Produk Greenhouse dan Hydroponic oleh PT Inamas Sintesis teknologi
Yanti Grace Hutasoit, mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur, telah berkolaborasi dengan tim PT Inamas Sintesis Teknologi dalam pengembangan SOP ini. "Saya merasa terhormat dapat terlibat dalam pengembangan SOP ini. Greenhouse dan hydroponic adalah teknologi yang inovatif dan berpotensi besar dalam pertanian modern. Dalam pengembangan SOP, kami memastikan setiap langkah dan prosedur yang terstandarisasi untuk memaksimalkan efisiensi dan memastikan keamanan dalam penggunaan teknologi ini”. Tutur Yanti Grace. 

Tim pada proyek ini telah melakukan penelitian menyeluruh tentang penggunaan greenhouse dan sistem hydroponic. Mereka merancang SOP yang mencakup langkah-langkah yang jelas dalam pengoperasian, pemeliharaan, anggaran, prosedur dan pengawasan greenhouse serta sistem hydroponic. 

Pengembangan SOP ini menjadi tonggak penting dalam kolaborasi antara Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang mengikuti Program MBKM dan PT Inamas Sintesis Teknologi dalam mendorong pertanian berkelanjutan.

SOP yang dikembangkan oleh tim ini akan menjadi acuan bagi pengguna teknologi greenhouse dan hydroponic dari PT Inamas Sintesis Teknologi dan juga para petani millennial saat ini. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas, produktivitas, dan keamanan dalam proses bisnis pertanian serta memberikan kontribusi positif dalam mencapai pertanian yang berkelanjutan.

Yanti Grace Hutasoit | Administrasi Bisnis | UPN “Veteran” Jawa Timur
PT Inamas Sintesis teknologi
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Ikut Berperan dalam Menciptakan SOP untuk Efektivitas Proses Bisnis: Fokus pada Produk Greenhouse dan hydroponic

Trending Now