Sampah Jadi Uang? Hanya Menggunakan Reverse Vending Machine

Admin JSN
13 Juni 2023 | 12.01 WIB Last Updated 2023-06-13T10:59:41Z





Sumber : http://inastek.com/Images/RVM.jpg

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Mesin reverse vending atau reverse vending machine merupakan sebuah mesin vending
yang membalikkan prinsip kerja mesin vending pada umumnya. Mesin ini belum banyak digunakan di kalangan masyarakat umum, maka dari itu pengenalan mesin ini sangatlah penting bagi masyarakat karena mesin ini terdapat manfaat dan harus di kembangkan untuk melestarikan bumi. 

Akibat banyaknya sampah terutama botol plastik yang sering kita gunakan dan sering kita jumpai dengan melihat jutaan tong sampah yang tertimbun di TPS, maka perusahaan Inamas Sintesis Teknologi salah satu perusahaan yang mampu berinovasi menghadirkan mesin otomasi pengelolaan sampah menjadi pundi-pundi mata uang serta menjadi produk barang jadi. Reverse Vending Machine (RVM) yang awalnya telah terbukti dan teruji dengan telah mengikuti dan memenangkan beberapa perlombaan ternama. 

Penulis Elyzabeth Eka Nurmelasari, mahasiswa dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi Bisnis turut ikut serta dalam mengikuti program kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program yang dipublikasikan oleh Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) Kementerian Pendidikan, kebudayaan dan teknologi untuk seluruh mahasiswa dalam melaksanakan program kegiatan ini pihak kampus sangat mendukung dan program ini dilaksanakan selama 4 (empat) bulan yang terhitung mulai dari 16 Februari sampai 30 Juni 2023 di salah satu perusahaan start-up ternama PT Inamas Sintesis Teknologi.

PT Inamas Sintesis Teknologi menjadi awal mula perubahan sistem yang ada sekarang dengan perubahan yang semakin berkembang pesat maka sistem mesin ini dapat diubah menjadi sistem ekonomi circular dengan konsep menggunakan kembali dan mendaur ulang kembali sampah untuk menghasilkan produk akhir yang bernilai dan dapat di gunakan kembali. Reverse Vending Machine (RVM) adalah mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis yang dapat ditukarkan menjadi uang. Sampah botol plastik dapat di tukarkan menjadi uang elektronik berupa reward bagi masyarakat yang telah memasukan botol plastik ke dalam Reverse Vending Mechine (RVM). 



Dokumentasi oleh Elyzabeth Eka;
pengenalan oleh masyarakat hasil dari daur ulang mesin RVM 

Sampah botol plastik yang telah di kelola oleh mesin otomasi tersebut akan berubah menjadi butiran-butiran biji plastik halus yang nantinya dapat di daur ulang kembali menjadi barang jadi, oleh karena itu PT Inamas Sintesis Teknologi bekerjasama dengan loka karya pengolahan plastik sebagai pengolah limbah plastik HDPE yang dicacah kemudian dipanaskan dalam cetakan untuk menghasilkan produk akhir. Hasil dari daur ulang tersebut seperti : kursi, vas bunga, frame kaca mata, case handphone custom dan furnitur interior lainnya. 


Sumber : langsung dari PT Inamas Sintesis Teknologi
Pada kesempatan ini saya sangat bersyukur dapat mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang merupakan salah satu wujud implementasi yang melatih skill saya di dunia kerja dan memberikan pengalaman baru untuk praktek langsung ke masyarakat dengan memberikan pemahaman sosialisasi tentang salah satu produk perusahaan Reverse Vending Machine (RVM), maka saya selaku penulis berkesempatan untuk mengenalkan dan mengembangkan produk maupun hasil dari mesin itu sendiri dan juga mendapatkan bimbingan langsung oleh para mentor hebat di perusahaan. 

Elyzabeth Eka Nurmelasari | Administrasi Bisnis | UPN Veteran Jawa Timur
PT Inamas Sintesis Teknologi


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sampah Jadi Uang? Hanya Menggunakan Reverse Vending Machine

Trending Now