H. Makhrus Sholeh Dalam Pelantikan MES Jatim Dukung program Ketum Erik thohir: Mes Malang Raya Support Penuh UMKM

Admin JSN
14 Juni 2023 | 21.29 WIB Last Updated 2023-06-14T14:38:28Z

M. Makhrus Sholeh berdampingan dengan Erick Thohir 
SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM: MES, Masyarakat Ekonomi Syariah JATIM telah dilantik kepengurusannya oleh Menteri Erick Thohir.  Ikut hadir adalah H. Makhrus Sholeh Ketua Umum MES Malang Raya. Mengikuti acara dari awal hingga usai H.Makhrus bahkan sempat terlibat bincang hangat bersama Erick di Gedung Islamic Center. Surabaya pada Rabu (14/6/2023). 

Dalam sambutan Ketua Umum Pusat MES, Erick Thohir menyampaikan di masa kepengurusannya, telah menyiapkan empat program unggulan untuk mengembangkan dan memajukan ekonomi syariah di Indonesia. 

Pertama, mengembangkan pasar industri halal di dalam dan di luar negeri. Kedua, mengembangkan industri keuangan syariah. Ketiga, investasi yang bersahabat yang melibatkan pengusaha daerah, dan keempat, pengembangan ekonomi syariah di pedesaan secara berkelanjutan. 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum MES Provinsi Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan,  Pengembangan ekosistem syariah di Jawa Timur diharapkan dapat meningkatkan indeks inklusi dan literasi kuangan syariah di Jawa Timur.

Emil Elestianto Dardak, yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur, mengatakan MES Jawa Timur akan membuat program dalam peningkatan ekonomi pesantren dengan meneruskan program OPOP (One Pesantren One Product), namun kali ini dengan strategi baru yaitu dari orientasi produk beralih ke institusi produk yang berbasis pada koperasi.

Sebuah program yang juga telah dilaksanakan oleh MES Malang Raya pimpinan H. Makhrus Sholeh pimpinan Turen Indah Group.

"Sejauh ini untuk kegiatan perekonomian kami telah menggandeng pesantren agar bergeliat kegiatan perekonomiannya," ujar H. Makhrus. 

Menjelaskan tentang program kegiatan di Malang Raya H. Makhrus menyebut dukungan penuh terhadap program sang Ketum, Ketua Umum Erick Thohir untuk Support penuh kegiatan UMKM

"Diantaranya adalah support sertifikasi halal bagi umkm,  pendampingan, asistensi hingga terbit sertifikat gratis tis tanpa biaya apapun," urainya.

Tak hanya itu program pemberdayaan bagi UMKM Malang Raya juga dilaksanakan. Antara lain dengan mengadakan pelatihan finansial, juga peningkatan skill lain agar UMKM semakin kompatible.

Ditambahkan oleh Wakil MES Malang Raya Luthfi, terkini telah menjalin kesepakatan dengan kampus besar kota Malang juga telah. 

"MES Malang Raya telah MOU dengan Universitas Brawijaya, bahwa MES boleh menggunakan dan didampingi untuk pemakaian Laboratorium kampus agar proses penerbitan sertifikasi halal semakin cepat, " urainya. 


Berlangsung hingga malam hari acara pelantikan MES juga diwarnai diskusi kecil antara Erick Tohir dengan undangan. Nampak Menteri BUMN itu terlibat pula bincang hangat dengan H. Makhrus Sholeh, ketua MES Malang Raya.


Sebagai informasi Makhrus Sholeh adalah CEO turen Indah Group yang  terdiri dari 5 divisi antara lain Pabrik beton,  T I bangunan 21 cabang se-Malang Raya, Turen Indah Property ada 30 lokasi di Malang raya sampai Gresik, Banyuwangi dan Papua,  Ocean Garden 5 cabang, Stasiun Kota Baru, Suhat , Sukun , Batu dan Turen serta Hasanah guest house dengan 7 cabang di Malang Raya.


Kiprahnya sebagai pengusaha bukan hanya membuka lapangan kerja untuk 1300 karyawan H. Makhrus Sholeh juga aktif sebagai narasumber tokoh pengusaha muda inspiratif di berbagai kesempatan terutama yang bersinggungan langsung dengan dunia usaha dan UMKM. (ans)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • H. Makhrus Sholeh Dalam Pelantikan MES Jatim Dukung program Ketum Erik thohir: Mes Malang Raya Support Penuh UMKM

Trending Now