Gempa 6.4 SR Guncang barat Daya Bantul Getarannya sampai Jawa Timur

Admin JSN
30 Juni 2023 | 20.50 WIB Last Updated 2023-06-30T13:59:50Z


Gempa  6.4 SR Guncang barat Daya Bantul  Getarannya sampai Jawa Timur

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Gempa bumi berkekuatan 6.4 skala Richter (SR) berpusat dari Barat Daya Bantul dan beberapa daerah lain DIY terjadi malam ini dengan getaran hingga dirasakan penduduk Jawa Timur.

Warga wilayah Surabaya, Sidoarjo juga Malang mengutarakan merasakan terjadi gempa pada malam hari ini. 

"Cukup menggetarkan,  bahkan tetangga dan saya juga sampai keluar rumah, " ucap Imam warga Sidoarjo memberitahukan pada JatimSatuNews malam ini,  Jumat 30/6/2023.

Demikian juga di daerah Malang, gempa cukup dirasakan.

"Sudah masuk kamar tidur,  kok bergoyang. Memang gempa ini, " ujar seorang wanita di daerah Pujon Malang memberitahukan. 

Gempa ini terjadi pada pukul 19:57:43 WIB dengan lokasi episenter berada di titik lintang 8.63 LS dan bujur 110.08 BT, serta kedalaman 25 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa pusat gempa berada sekitar 86 kilometer barat daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 90 kilometer barat daya Kulonprogo-DIY, 92 kilometer barat daya Gunungkidul-DIY, dan 98 kilometer barat daya Yogyakarta-DIY. Meskipun terjadi di Jawa Timur, gempa ini juga terasa di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Meski guncangan terasa cukup kuat, BMKG menyampaikan bahwa tidak ada ancaman tsunami akibat gempa ini. Masyarakat diimbau tetap tenang dan waspada terhadap guncangan susulan yang mungkin terjadi. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa ini.

Gempa bumi merupakan kejadian alam yang tak terduga dan sering kali menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, BMKG mengingatkan pentingnya meningkatkan kesadaran akan mitigasi bencana dan kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa di wilayah yang rawan.

BMKG terus melakukan pemantauan dan analisis terhadap gempa ini serta akan memberikan informasi terkini kepada masyarakat. Bagi warga yang tinggal di wilayah yang terkena gempa, diharapkan agar mengikuti petunjuk dan informasi resmi dari BMKG serta instansi terkait lainnya.

Berikut adalah informasi yang diperoleh dari BMKG:

GEMPABUMI TEKTONIK M6,4 DI SELATAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

 

Kejadian dan Parameter Gempabumi:

Hari Jumat 30 Juni 2023 pukul 19.57.43 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Daerah Istimewa Yogyakarta diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,63° LS ; 110,08° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 Km arah Selatan Kota Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 67 km.

 Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( _thrust fault_ ).

 Dampak Gempabumi:

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo dengan skala intensitas IV MMI ( *Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah* ), Kediri dan Mojokerto dengan skala intensitas III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ) . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

 Gempabumi Susulan:

Hingga pukul 20.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 5 (lima) gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M4,5

 Rekomendasi:

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

 Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

 

Jakarta, 30 Juni 2023

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG

 

Dr. DARYONO, S.Si., M.Si.



(imm) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gempa 6.4 SR Guncang barat Daya Bantul Getarannya sampai Jawa Timur

Trending Now