Bumikan Pancasila, FKUB Kabupaten Pasuruan Undang Lintas Agama

Admin JSN
06 Juni 2023 | 13.05 WIB Last Updated 2023-06-06T06:05:28Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: FKUB Kabupaten Pasuruan Selenggarakan acara bertajuk Membumikan Pancasila untuk Kerukunan Antar Umat Beragama di Di Gedung Empu Sendok Graha Maslahat lantai 2 di Kompleks Perkantoran Raci Kabupaten Pasuruan pada Selasa pagi 6/6/2023.

Beragam tokoh agama dan organisasi keagamaan di Kabupaten Pasuruan hadir, perwakilan 6 agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu, juga organisasi keagamaan nampak memenuhi kursi dalam ruangan dengan kostum identitas masing-masing. Ta'dzim mengikuti acara. 

Nampak, Wabup sekaligus Ketua Pembina FKUB KH. Mujib Imron, Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan H. Saikhul Hadi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Edy Supriyanto serta Kepala Desa Ngadiwono Tosari Atim. 

Tentang acara yang berlangsung Ketua FKUB H. Saiful Anam Chalim sebagai momen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

"Kami selenggarakan acara ini sebagai momen memperingati hari Lahir Pancasila 1 Juni. Sehingga tema yang kami angkat juga tentang Pancasila. Yakni Pembinaan Kerukunan, Membumikan Pancasila untuk Kerukunan Antar Umat Beragama," tutur H.Saiful.

Berlanjut, acara kemudian dibuka oleh Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron. 

"Dengan Ucapan Bismillahirrohmanirrohim, kami buka acara Pembinaan Kerukunan, Membumikan Pancasila untuk Kerukunan Antar Umat Beragama FKUB. Kutitipkan Pasuruan ini padamu," cetus Wabup. 

Berturut mengisi acara adalah Kades Ngadiwono Atim, menyampaikan tentang Kampung moderasi beragama di wilayahnya. Kaban Kesbangpol Edy Supriynto menyampaikan tentang anggaran, ditutup H. Saikhul Hadi dari Kemenag  menjelaskan tentang Aktor Moderasi Beragama dan Radikalisme.

Berlangsung hingga usai adzan Dzuhur acara berlangsung penuh keakraban. 

"Alhamdulillah bisa ikut acara ini,  silaturahmi saling kenal dan bersapa dengan saudara lain beda agama se Indonesian," tutur Lukas, dari PSMTI.

Nampak aneka kostum identitas dikenakan peserta, Muslim dengan organisasi seragam keagamaan seperti Aisyiyah, Muslimat, Fatayat, Hindu dengan PHDI, juga agama atau organisasi lain dengan kekhasannya. 

Hadir pula dalam acara tersebut selain tokoh 6 agama terlihat PCNU, Kabupaten Pasuruan, PCNU bangil, PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan, PD Muhammadiyah Kabupaten Pasuruan, PC Aisyiyah,  PC Muslimat bangil, PC muslimat Kab Pasuruan, Fatayat Kab Pasuruan, Fatayat Bangil, PITI, PSMTI, Gus Durian, kades desa sadar kerukunan beragama Ngadiwono,  GKJW, ITS-NU, univ Yudharta dan  Forkugama.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bumikan Pancasila, FKUB Kabupaten Pasuruan Undang Lintas Agama

Trending Now