Berlangsung Kondusif Pemilihan BPD Desa Gulbung Priode 2023-2029

Biro Madura
06 Juni 2023 | 12.26 WIB Last Updated 2023-06-06T05:55:02Z

SAMPANG | JATIMSATUNEWS.COM: Warga Desa Gulbung Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang mengadakan Pemilihan Langsung dalam rangka pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2023-2029 Selasa, 6 Juni 2023. Tepatnya di Dusun Rabesan, merupakan pemilihan yang terakhir.

Adapun Musyawarah Dusun (Musdus) ini dalam rangka pengisian anggota BPD, sudah berlangsung mulai sejak Sabtu 3/5/23.

Ketua panitia pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Moh. Rois mengatakan, sebagaimana keputusan musyawarah dan rapat desa bahwa pada pengisian BPD kali ini masyarakat sepakat dilakukan dengan cara pemilihan langsung yang dilaksanakan melalui perwakilan wilayah dengan 6 wilayah sesuai dengan wilayah dusun di Desa Gulbung yakni akan ditetapkan sebanyak 9 orang dengan keterwakilan perempuan se-Desa Gulbung sebanyak 1 orang. Dimana dalam penentuan ini berdasarkan jumlah penduduk di masing-masing dusun.

Pada hasil pendaftaran yang dilakukan, dari  wilayah 1 Dusun Rabesan terdapat 3 calon perwakilan wilayah, sedang di wilayah lain hanya terdapat satu calon dan 1 dari keterwakilan perempuan. Yang masing-masing akan dipilih sebanyak 1 orang. Sedangkan calon anggota BPD perwakilan perempuan hanya 1 orang calon wajib perempuan dan akan dipilih hanya oleh perempuan di Desa Gulbung.

Pemilihan kali ini diselenggarakan dengan menempatkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) ada di setiap dusun dan diambil suara terbanyak dari setiap dusun.
"Jadi anggota yang akan terpilih berasal setiap dusun sesuai peraturan yang mengatur tentang BPD," terang Moh. Rois.

Dari keterwakilan wilayah pemilihan, yang terjaring sebanyak 14 orang pendaftar, sedang yang lolos administrasi hanya 12 orang. Maka dari itu dengan rincian calon anggota BPD Dusun Rabesan sebanyak 4 calon. Sedang dari Dusun lain hanya ada satu calon.

Dari penghitungan suara setelah selesai pemungutan suara yang berlangsung sejak jam 08.30-11.00 WIB, diperoleh anggota BPD terpilih dari Wilayah Dusun Rabesan, dari 4 calon yakni urut 1. Gunawan, dengan perolehan 22 suara terbanyak, adapun nomer 2. Syaifuddin 1 suara,
3. Fidayat 2 suara, 4. Yuliswati Ningsih 0 suara.

Dari 9 calon terpilih dari keterwakilan tiap dusun yakni,
Pangrenduh, Farhatul Futuhah,
Srapong, Hariadi, S.Pd.I,
Talonan, Sinnal.
Larangan 1. Ach. Mufahhom, 2. Yuni Maulidia P.l, dan Gulbung 1. Abd. Latif Ali Syumas, S.Pd. 2. Sulton Haris Maulidi, S.Sos., sedangkan keterwakilan perempuan Siti Mutmainnah.
Ini adalah hasil dari pemilihan yang berlangsung sebelum ditetapkan pada Rapat Pleno Penetapan calon anggota BPD Desa Muntai Periode 2021-2027 terpilih yang akan dilaksanakan di aula Kantor Desa Muntai.

Pj. Kepala Desa Gulbung Muhammad Dohri berharap kepada calon anggota terpilih untuk bisa menjalankan dan melaksanakan tugas serta amanah dengan baik. Juga agar bisa menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Dan juga pihaknya mengucapkan Selamat dan sukses bagi yang terpilih dan tidak terpilih, karena anda telah mengikuti ujian mental dalam pesta Demokrasi PilBPD Desa Gulbung.

Terimakasih kepada Panitia, Peserta, Pemilih dan semua masyarakat yang telah antusias dan peduli dalam mensukseskan Pemilihan ini. Selamat kepada yang telah terpilih, semoga dapat bersinergi dan melakukan akselerasi dalam membangun dan memajukan Desa Gulbung ke arah yang lebih baik," harapnya.

 Fach

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berlangsung Kondusif Pemilihan BPD Desa Gulbung Priode 2023-2029

Trending Now