Bansos di Gucialit Lumajang Beralih Ke Uang Tunai, Cek Tanggapan Masyarakat

Admin JSN
20 Juni 2023 | 20.35 WIB Last Updated 2023-06-20T14:11:20Z

Kumpul  Ngopi bincang Bansos
LUMAJANG | JATIMSATUNEWS.COM: Hari ini Selasa, 20 Juni 2023di Kedai Kopi Desa Gucialit, para penikmat kopi berkumpul bersama tim koordinator Kecamatan untuk menggelar sosialisasi terkait penyelenggaraan bantuan sosial (bansos).

Dalam suasana ngopi yang santai, mereka saling bertanya dan menjawab mengenai perubahan dalam program bansos. Berdasarkan informasi terbaru, dimulai akhir 2022 dan per bulan Juni 2023, semua bentuk bantuan kepada masyarakat akan beralih ke uang tunai.

Sebelumnya, program bansos terbagi dalam bentuk bahan pokok (sembako) dan uang tunai. Namun, pembaharuan data, perubahan data, dan pendataan baru telah dilakukan untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

Petugas penyelenggara yang biasa dipanggil  Mas Bambang dan Mas Lutfi, tanpa lelah melakukan sosialisasi kepada seluruh tim Operator DTKS di setiap Kecamatan dan Desa, terutama di Kecamatan Gucialit. Mereka berusaha agar informasi terkait perubahan program bansos segera disampaikan kepada masyarakat melalui tim desa.

Bantuan kepada masyarakat pedesaan menjadi harapan tambahan untuk membantu kebutuhan ekonomi. Warga bahagia juga sangat menghargai upaya petugas yang teliti dan berhati-hati dalam menjaga agar bantuan tepat sasaran dan benar-benar diperlukan.


Keputusan untuk memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai disambut baik oleh masyarakat. 

Satu hal yang memungkinkan masyarakat  membelanjakan bantuan sesuai dengan kebutuhan dapur dan selera pribadi.

Keleluasaan untuk berbelanja di warung atau toko terdekat memberikan kebebasan bagi masyarakat dalam memilih barang-barang yang mereka butuhkan.

Lutfi, salah satu petugas penyelenggara, menyatakan bahwa penggunaan uang tunai sebagai bentuk bantuan akan memastikan data yang akurat dan tepat sasaran kepada penerima bantuan.

Dalam ngobrol ngopi santai hari ini, terungkap bahwa mereka yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan dapat segera mendaftarkan diri melalui Operator DTKS di setiap desa. 

"Data yang lengkap sangat penting untuk memastikan bantuan dapat ditetapkan dan disalurkan dengan tepat," ucap Bambang, petugas penyelenggara sekaligus koordinator Kecamatan Gucialit yang juga menyatakan bahwa pihaknya siap bekerja sama dengan media JatimSatunews untuk mendampingi penyaluran bantuan dan menginformasikan lebih lanjut kepada masyarakat.

Dengan perubahan tunai ini, diharapkan program bansos di Kecamatan Gucialit dapat memberikan manfaat maksimal dan meringankan beban ekonomi masyarakat desa yang membutuhkan.


Reporter: Roeb - JatimSatunews

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bansos di Gucialit Lumajang Beralih Ke Uang Tunai, Cek Tanggapan Masyarakat

Trending Now