Akhiri Program Kerja, Mahasiswa Surabaya Adakan Penutupan Bersama Masyarakat Desa Pulosari

Admin JSN
25 Juni 2023 | 12.02 WIB Last Updated 2023-06-25T05:02:52Z

 

SURABAYA | JATIMSATUNEWS. COM: Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-T MBKM) Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur tahun 2023 di Desa Pulosari telah selesai. Acara penutupan berlangsung pada hari Rabu, 21 Juni 2023 di Aula Balai Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Kegiatan ini dihadiri oleh Perangkat Desa, Kepala Dusun Sumbermulyo, Kepala Dusun Pulosari, Kepala Dusun Pulonasir, Babinsa Koramil Kecamatan Bareng, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ketua GP Ansor Pulosari, dan pelaku UMKM setempat.

Rangkaian acara dalam kegiatan penutupan KKN-T MBKM di Desa Pulosari meliputi pemaparan program kerja yang telah terlaksana, penyerahan plakat secara simbolis kepada Desa Pulosari dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng serta makan bersama. Selain itu, Kelompok 04 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur juga menyerahkan website UMKM, katalog UMKM, dan peta potensi UMKM sebagai upaya untuk melakukan branding UMKM di Desa Pulosari.

Ketua kelompok 4, Eka Satya Nugraha, mengungkapkan bahwa “Program kerja yang telah kami lakukan terhitung mulai bulan Maret sampai bulan Juni meliputi pengurusan legalitas usaha dan sertifikasi halal MUI UMKM, sosialisasi digital marketing dan business plan, pendampingan branding produk dan digital marketing, pendampingan dalam pembuatan laporan keuangan UMKM, sosialisasi hidroponik dan praktik pembuatan hidroponik. Selain berfokus pada UMKM di Desa Pulosari, kami juga melaksanakan program kerja lomba adzan dan tartil di bulan Ramadhan dan kegiatan mengajar di SDN Pulosari 1.”

Eka menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku UMKM di Desa Pulosari terhadap pentingnya digital marketing dan branding produk sehingga dapat peningkatan produktivitas, jangkauan target pasar yang luas, dan peningkatan penjualan serta laba usaha mereka.

Kaur Perencanaan Desa Pulosari, Bapak Supar, S.Sos. mengatakan bahwa “Semua program kerja yang telah dilakukan oleh Kelompok KKN-T MBKM Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur diharapkan mampu memberikan dampak yang positif khususnya dalam pengembangan UMKM di Desa Pulosari serta menambah pengetahuan masyarakat akan pentingnya strategi yang tepat pada setiap proses dalam pembuatan produk hingga dipasarkan kepada masyarakat”.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Akhiri Program Kerja, Mahasiswa Surabaya Adakan Penutupan Bersama Masyarakat Desa Pulosari

Trending Now