Meningkatkan Suasana Akademik STIBADA Masa Menerima Tamu Internasional

Admin JSN
27 Mei 2023 | 15.49 WIB Last Updated 2023-05-27T22:37:20Z

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM: Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab dan Dakwah masjid Agung Sunan Ampel (STIBADA MASA) kembali menerima Tamu internasional melalui Direktorat Kemitraan Glogal, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Yakni Professor Iftekhar Ahmed dari Universitas Newcastle Australia dan Dr. Norhafiza Mohammad dari Univerversitas Kuala Lumpur Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2023 dengan tema Guest Lecture Series on Sustainable Developments Goals (SDGs). 

Kegiatan SDGs memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat secara kolektif maupun individu, dalam hal ni mahasiswa diajak untuk andil memberikan perubahan-perubahan dari tingkat yang paling rendah yakni keluarga.

Dalam pertemuan tersebut narasumber menjelaskan apa saja tujuan dari SDGs yang harus dicapai dari 17 tujuan, yakni 1. Tanpa kemiskinan 2. Tanpa kelaparan. 3. Kehidupan sehat dan sejahtera 4. Pendidikan berkualitas 5. Kesetaraan gender 6. Air bersih dan sanitasi layak 7. Energi bersih dan terjangkau 8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi 9. Industri, inovasi dan infrastruktur 10. Berkurangnya kesenjangan 11. Kota dan pemukiman yang berkelanjutan 12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab 13. Penanganan perubahan iklim 14. Ekosistem laut 15. Ekosistem darat 16. Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh 17. Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Kedua narasumber yang hadir pada pertemuan tersebut memiliki keahlian konsentrasi yang berbeda yang dimana Profesor Iftekhar Ahmed berkonsentrasi pada perubahan iklim dan Dr. Norhafiza berkonsentrasi pada meningkatkan kualitas pendidikan.

Profesor Iftekhar menyampaikan untuk mengambil tindakan memerangi perubahan iklim dan dampaknya dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan sehingga bisa menjaga ekosistem alam. Salah satu menjaga ekosistem alam adalah dengan tidak selalu mengambil hasil yang diberikan oleh alam namun juga turut menjaga dan mengembangkan agar bisa berkembang biak dengan baik.

Pada akhir pertemuan seminar ini Dr. Norhafiza menambahi jika ada mahasiswa ingin melanjutkan studi/kuliah ke jenjang lebih tinggi, ada banyak beasiswa yang bisa diakses baik itu taraf nasional maupun internasional dengan mengakses website-website resmi kampus yang dituju. Dalam website tersebut akan diberikan banyak informasi terkait persyaratan yang harus dipersiapkan sehingga bisa diterima secara kompetensi yang dituju.

Dalam seminar tersebut dihadiri oleh puluhan mahasiswa STIBADA MASA maupun LPBA MASA. Sebelumnya STIBADA MASA juga pernah menerima tamu melalui Direktorat Kemitraan Global ITS dengan mendatangkan narasumber dari Thailand dan Malaysia pada tanggal 30 November 2022.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meningkatkan Suasana Akademik STIBADA Masa Menerima Tamu Internasional

Trending Now