TRCC UM Respon Banjir Bandang Ngantang Suplay Air 5.500 Liter, Non Stop Semalam Agar Warga Bisa Sahur

Eko Rudianto
15 April 2023 | 07.04 WIB Last Updated 2023-06-02T11:51:59Z

 

Seluruh masyarakat di dua Desa di kecamatan Ngantang kabupaten Malang mengalami kekurangan air bersih, akibat terputusnya alir irigasi yang disebabkan oleh banjir bandang pada kali talang, dusun kenteng desa Ngantru Kecamatan Ngantang kabupaten Malang. 

Banjir tersebut terjadi pada 13 April 2023 sekitar pukul 06.30 akibat guyuran hujan selama 3 jam sebelumnya. 

Yusuf, salah satu perangkat desa yang turut menyaksikan peristiwa tersebut dibuat kaget karena sungai yang kecil tersebut mengalami peningkatan debit air serta menbawa material kayu, akibatnya sungai talang/ kali talang mengalami penumpukan sehingga air meluap kurang lebih 10 cm. Tak hanya itu dusun simo, dusun sekar, susun kutur juga mengalami hal serupa meski tidak begitu parah. 

Universitas Negeri Malang melalui Tim Reaksi Cepat Cakrwala (TRCC UM) melakukan rapid asesmen/ kaji cepat, dengan membawa peralatan yang dibutuhkan termasuk selang pipa sepanjang 200m pada 14 april dini hari, dari hasil asesmen yang di dapat dari ketua Destana, warga lokal dan perangkat desa kebutuhan mendesak berupa air bersih, sehingga paginya tim berkoordinasi dengan pihak Rumah Tangga (RT) UM, untuk dapat mengirimkan satu unit tanki air untuk bisa mensuplay kepada warga yang membutuhkan air bersih. 

Pada pukul 16.00 WIB armada diberangkatan sehingga pada pukul 19.00 WIB setelah melakukan pengisian air didekat desa terdampak air bisa langsung didistribusikan. Sepanjang malam itu, TRCC UM melayani warga yang membutuhkan. Bahkan, pada pukul 23.00 WIB tim belum berhenti, masih melakukan isi ulang untuk mendistribusikan air kepada warga yang belum kebagian, wargapun karena membutuhkan juga rela menunggu semalam suntuk hingga waktu sahur tiba. 

Pada putaran pertama dan kedua dilakukan distribusi di dusun Ngantru dan Ngantru. Secara garis besar berjalan dengan lancar, semua warga bisa mendapatkan air dari yang dibawa oleh tun TRCC UM. 

Selain pada distrubusi air bersih, sejauh ini Tim TRCC UM juga melakukan pemetaan kawasan rawan bencana (KRB) dan kawasan terdampak bencana (KTB) menggunakan citra drone type phantom 4 Pro untuk memudahkan analisis dan pipanisasi serta rehabilitasi dan rekonstruksi saluran irigasi. Hanya saha akses irigasi yang tertutup oleh pepohonan yang tumbang akibat longsor, kondisi cuaca kurang mendukung yaitu mendung sedikit menjadi hambatan. 

Kendati demikian giat seharian tersebut berhasil perlahan mengurai masalah yang ada. Tim TRCC UM sekarang membuka Pos Lapangan (POSLAP) di Balai Desa Ngantru, bagi siapapun donatur yang ingin meringankan beban masyakarat bisa langsung menuju ke lokasi Kantor Desa Ngantru Kecamatan Ngantang yang beralamat Jalan Raya Ngantru No. 02, Ngantang, Bayanan, Ngantru, Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65392.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TRCC UM Respon Banjir Bandang Ngantang Suplay Air 5.500 Liter, Non Stop Semalam Agar Warga Bisa Sahur

Trending Now