Malam Takbir Mencari Berkah di Makam Sunan Ampel

21 April 2023 | 22.38 WIB Last Updated 2023-04-21T23:31:54Z

 

Imam Syafi'i dari Biro Sidoarjo Ziarah ke Makam Sunan Ampel di Surabaya. Pada Jum'at (22/4/2023) malam.

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM - Sejarah penyebaran Islam di  tanah Jawa lekat dengan sosok Wali Songo. Banyak peninggalan para wali, berupa petilasan, Masjid, serta makam masih berdiri kokoh hingga kini dan menjadi tujuan wisata religi yang cukup terkenal. Wali Songo adalah julukan yang diberikan kepada tokoh-tokoh Islam yang sangat dihormati di Pulau Jawa.

Wali Songo berasal dari kata wali yang berarti orang yang dipercaya atau orang yang ditugaskan dan kata Sanga yang berarti sembilan. Istilah ini lalu diterjemahkan sebagai “Sembilan Wali”. Para wali ini yang kemudian berperan sebagai penyampai ajaran Islam pertama di Jawa dengan memasukkan unsur budaya agar Islam dapat lebih diterima di tanah Jawa.

Makam para Wali ini sangat dihormati masyarakat Jawa hingga kini. Oleh sebab itu, tradisi ziarah makam Wali Songo menjadi agenda rutin yang biasa dilakukan peziarah untuk mengenang dan mendoakan jasa para wali.

Kali ini, Imam Syafi'i dari Biro Sidoarjo Jatimsatunews.com yang bertempat tinggal di Desa Karangbong Kec. Gedangan Kab. Sidoarjo. Ziarah ke Makam Sunan Ampel di Surabaya. Pada Jum'at (22/4/2023) malam.

Imam mengatakan," kami sekeluarga Dengan melakukan ziarah berupaya untuk menjaga kemuliaan para kekasih Allah. ziarah juga dimaksudkan untuk menjaga sanad keilmuan antara para pendahulu seperti Wali, ulama, dan kyai." terang imam

Selain itu dikatakan oleh Imam, Selain berziarah ke makam para Wali Allah, malam ini kami merayakan malam Takbir menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H - 2023 M. di kawasan Masjid Sunan Ampel.

Lebih lanjut imam menambahkan." Ziarah ini sudah menjadi tradisi bagi kami sekeluarga, sebelum kesini kami berziarah/kirim Do'a ke makam Orang tua terlebih dahulu, selanjutnya siang tadi ke beberapa makam wali Allah di wilayah Sidoarjo lalu ke makam Sunan Ampel. " terang imam. Im

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Malam Takbir Mencari Berkah di Makam Sunan Ampel

Trending Now