Istimewa, Peserta Lomba Menulis di Bojonegoro Dijemput Bus

Admin JSN
06 Maret 2023 | 10.37 WIB Last Updated 2023-03-06T04:06:04Z
 
Smk Muhammadiyah 4 Padangan Fasilitasi Lomba Menulis Siswa

BOJONEGORO  I JATIMSATUNEWS.COM: Pegiat Literasi Komunitas Ceris Indonesia, Indah Permata Sari, S. Sos., selaku guru Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah 4 Padangan, di awal tahun 2023 mengadakan lomba menulis cerita islami Jenjang SMP/ MTs dan Pondok Pesantren. Kegiatan lomba ini di dukung penuh oleh Kepala SMK Muhammadiyah 4 Padangan Alif Burhanus Sholikhin, S. Sos. 

Dalam sambutannya pada rapat Program Kerja Sekolah tanggal 1 Maret 2023, Alif Burhanus menjelaskan bahwa fokus anggaran di tahun ini adalah dalam bidang Literasi, Pengembangan SDM dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Program meliputi Kewirausahaan, dan Karakter siswa. 

Kepala SMK ini mengatakan besar harapannya agar pengembangan literasi yang sudah di laksanakan di sekolah dengan hadirnya guru penulis dan siswa- siswi penulis yang ada di SMK ini bisa membawa dampak yang baik untuk lingkungan sekitar dan merekrut siswa – siswi yang memiliki minat serta keinginan untuk menulis pada jenjang SMP/ Mts untuk mengembangkan bakatnya melalui kegiatan lomba ini. Alif Burhanus juga siap menganggarkan dan memberikan hadiah untuk siswa- siswi yang berhasil menang dalam lomba tersebut dengan hadiah uang tunai dan beasiswa pendidikan.

Siswa – siswi yang mengikuti lomba menulis ini diikutkan dalam kegiatan Bimtek Pembelajaran Berbasis Literasi Islami yang di adakan oleh MGMP bekerja sama dengan Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Jombang pada tanggal 31 Januari 2023 hingga 25 Februari 2023 yang dilakukan secara daring yang diikuti sekitar 700 siswa dari berbagai kabupaten di Propinsi Jawa Timur.

Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Jombang dalam Pidato pembukaan Bimtek, Dr. H. Taufiqurrohman, M. Ag, mengatakan bahwa dengan menulis cerita islami ini peserta didik akan terasah kecerdasannya dalam mengingat dan menelaah sebuah kejadian dan memotivasi peserta didik untuk terus belajar, membaca dan menghasilkan karya.

Hadir pula Hersan GM Pegiat Literasi Nasional sekaligus CEO Penerbit Telaga Ilmu sebagai pemateri. Hersan mengatakan bahwa dalam kegiatan ini nanti siswa bisa menulis sesuai kemauan mereka, baik cergam, cerpen ataupun novel dengan syarat ada nila- nilai cerita islami di dalamnya. Pelatihan daring ini dilaksanakan setiap hari Sabtu, di siarkan secara langsung baik melalui zoom meeting ataupun di youtube narasi7. 

Lomba menulis ini diikutioleh lima sekolah  dari SMPN 2 Padangan Bojonegoro, SMPN 1 Padangan Bojonegoro, MTs Tembeling, SMP Islam Cepu, sebagian besar siswa- siswi Pondok Pesantren SMP Al Hikmah Cepu. Pada Hari Senin tanggal 14 Maret 2023 akan di laksanakan workshop luring di SMK Muhammadiyah 4 Padangan dimana siswa – siswi yang telah mendaftrakan diri dalam lomba menulis akan di jemput dengan BUS SMK dan mengikuti Workhsop lanjutan untuk menggali ide menulis dan mengembangkan tulisan. Besar harapan kami dengan kegiatan lomba mampu menemukan penulis- penulis islami yang mampu  berkarya dan berdakwah melalui tulisan.

Penulis Indah Permata Sari ( Pegiat Literasi Ceris Indonesia )
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Istimewa, Peserta Lomba Menulis di Bojonegoro Dijemput Bus

Trending Now