Kuasai Hulu, Pesan Gus Turmudzi LPNU Lamongan pada KPKNU Kabupaten Malang

Anis Hidayatie
06 Maret 2023 | 04.26 WIB Last Updated 2023-03-06T05:26:26Z
Kuasai Hulu, Pesan Gus Turmudzi LPNU Lamongan pada KPKNU Kabupaten Malang

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Tidak bisa tidak, bila sebuah produk ingin merebut pasar maka dia harus menguasai hulu. Demikian pesan tersirat yang disampaikan Gus Turmudzi, Ketua  LPNU, Lembaga Perekonomian Nahdhatul Ulama Kabupaten Lamongan saat menerima KPKNU, Komunitas Pengusaha Kecil Kabupaten Malang pada Minggu 5/3/2023. 

 "Kalau KPKNU ingin besar, kuasai sistemnya, kuasai hulunya dan terakhir kuasai hilirya. Insya Allah NU akan lebih besar, " ungkap Gus Turmudzi. 

 Hulu dimaksud adalah pabrik,  memiliki perusahaan lalu distribusi lamgsung ke hilir, toko kelontong atau retail. Pelaku ekonomi ujung tombak yang menyampaikan produk pada end user atau konsumen pengguna. Sehingga baginya membangun kemitraan yang baik dengan mereka merupakan keniscayaan.

 "Dalam hal ini kami memberi mereka modal berupa barang, untuk langsung dijual kepada customer dengan harga sangat murah sehingga pelaku usaha memiliki keuntungan lebih dibanding harus lewat distributor-distributor. Adapun keuntungan yang mereka peroleh 45 persen peruntukan untuk Dhuafa sekitar melalui program Kulakan yang terdeteksi kegiatannya," jelas Gus Turmudzi.

 Selanjutnya pada pengurus KPKNU lelaki pemilik pabrik kopi merek Giras ini menjelaskan sistem yang dikembangkan. Marketing digital berperan penting dalam hal ini. Melalui platform BUMINU, kekuatan modal dari warga nahdziyin lewat saham gotong royong berbasis online diperoleh. 

 "Kami memilik emiten lebih dari seribu orang, setiap orang berhak memiliki maksimal satu persen saham, sedangkan untuk PCNU kami anggarkan 10 persen saham. Lewat sistem ini kami bisa memiliki pabrik air mineral Drizche dengan aset hingga 15 milyar, NU secara lembaga diuntungkan warga nahdziyin juga langsung merasakan manfaanya," ungkap Gus Turmudzi seraya menjelaskan sistemny.
Berbasis data, mulai pemilik akun hingga transaksi yang transparan, bisa diakses pergerakan. 

 Penguasaan Marketing digital menjadi ujung tombak kesuksesan sistem yang dikembangkan oleh LPNU Kabupaten Lamongan, hingga program KULAKAN mendapatkan NU Award awal tahun 2023 ini. Sebuah prestasi yang mendorong KPKNU Kabupaten Malang datang, belajar dan berkemungkinan mengadopsi untuk dilakukan KPKNU. 

 "Kami ucapkan terima kasih kepada Gus Turmudzi dan LPNU Kabupaten Lamongan yang telah rela berbagi ilmu, insya Allah kami akan melakukan untuk KPKNU Kabupaten Malang," cetus Prof. Dr. KH Fauzan Zenrif, inisiator KPKNU Kabupaten Malang yang ikut mendampingi ke LPNU Lamongan  

 Sebuah buku ditulis Ketua KPKNU Kabupaten Malang Anis Hidayatie berjudul KPKNU Bangkit Bergerak diantara UMKM kabupaten yang diberikan kepada Ketua LPNU Kabupaten Lamongan Gus Turmudzi, menandai berakhirnya acara di Kantor LPNU Kabupaten Lamongan Berlangsung kurang lebih satu jam, pertemuan yang berlangsung dari pukul 12.00 berlanjut kunjungan ke pelaku usaha nahdziyin pemanfaat KULAKAN.


 (Ans)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuasai Hulu, Pesan Gus Turmudzi LPNU Lamongan pada KPKNU Kabupaten Malang

Trending Now